Pasis Seskoad KKL ke Pemkab Serang, Puji Program Zakat ASN

oleh -8 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Jajaran Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan Pasiter Kodim 0602/Serang mengunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada Kamis, 21 Juli 2022. Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) wilayah pertahanan.

Belasan Pasis di Pimpin Pendamping Seskoad Kolonel Kav Suteja di terima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asisten Daerah (Asda) I Nanang Supriatna, Asda II Hamdani, dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Serang di Aula KH. Syam’un. Satu persatu Pasis Seskoad pun menyampaikan pertanyaan terkait berbagai program dan inovasi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Sekda Entus, Asda I, Asda II dan perwakilan OPD pun memaparkan berbagai program dalam pemulihan ekonomi nasional. Entus pun menyampaikan program yang di gagas Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yakni zakat para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Serang.

“Zakat ASN di kumpulkan dan di gunakan untuk pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu), itu yang melaksanakan pembangunan Kodim 0602/Serang,”ujar Entus menjelaskan salah satu sinergitas program antara Pemkab Serang dan Kodim 0602/Serang.

Usai diskusi Kolonel Kav Suteja pun memuji program yang di gagas Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Dia mengajak, kepada jajaran Pasis Seskoad untuk menjadi catatan dengan anggaran yang kecil bisa menghasilkan manfaatnya yang besar.

“Tadi kami hanya baru menampung, tapi ada satu hal cukup bagus program Pemerintah Kabupaten Serang bagaimana menggerakkan ASN nya untuk infak, kemudian dananya di gunakan untuk rutilahu bekerjasama dengan Kodim Serang, ini memang karena duitnya sedikit tapi hasilnya bagus. Budget sedikit tapi dampaknya besar,”ungkapnya.

Kolonel Kav. Suteja mengatakan, bahwa kedatangannya dalam rangka kuliah kerja lapangan wilayah pertahanan yang mengusung tema bagaimana peran satuan komando kewilayahan membantu pemerintah daerah. “Ini dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,”ujarnya.

Hal itu tentunya, jelas Kolonel Kav. Suteja, memerlukan suatu penelitian dari Pasis dengan mendatangi instansi- instansi terkait seperti Pemerintah Kabupaten Serang, Pemerintah Kota Serang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kepolisian Resor (Polres), Kejaksaan Negeri (Kejari) dan tokoh masyarakat.

Untuk memastikan, bagaimana perannya satuan komando kewilayahan terutama Kodim 0602/Serang dalam mengintegrasikan bagaimana pekerjaannya sewaktu pandemi covid-19 maupun paska pandemi covid-19. “Bagaimana untuk cara-cara strategi memulihkan percepatan ekonomi nasional ini,”katanya.

Menurut Kolonel Kav. Suteja, untuk merealisasikan hal tersebut memang tidak bisa satu pihak saja yang menjadi jagoannya, akan tetapi menjadi kolaborasi bagi semua pihak. “Itulah kenapa perwira siswa sekolah datang untuk meneliti, memberikan wawancara maupun data- data untuk kami olah sebagai nanti bahan untuk seminar,”terangnya.

Seminar wilayah pertahanan nanti, jelas Kolonel Kav Suteja, karena semua yang menjadi wilayah pertahanan baik di Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten untuk masing-masing kelompok Pasis Seskoad akan memberikan masukan-masukan dari seluruh kebijakan kepala daerah baik itu di Cianjur, Sukabumi, Bogor dan lainnya termasuk Kabupaten Serang.

“Dalam seminar disampaikan bagaimana konsep kebijakannya Bupati Serang, Walikota Serang untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Nah, intinya hal-hal yang baik bisa di angkat di seminar nasional dan di lanjut usulan-usulan kita kepada pemerintah pusat,”papar Kolonel Kav Suteja.(js)