Pasien Pertama Sembuh, Sudah Tidak Ada Kasus Hepatitis Akut di Banten

oleh -12 Dilihat
oleh

Serang, – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti anak usia tiga tahun yang terpapar virus hepatitis akut di Kota Tangerang sudah sembuh setelah mendapatkan penanganan khusus oleh tim dokter dari Dinkes Banten dan Kemenkes RI.

“Alhamdulillah kondisi pasien sudah sembuh,” kata Ati saat dikonfirmasi, Minggu (5/6/2022).

Diketahui pasien yang terpapar virus baru itu ditemukan di Rumah Sakit Mandaya Royal Hospital Puri Kota Tangerang pada 25 Mei 2022 lalu. Kasus tersebut merupakan kasus pertama dan satu-satunya di Banten.

Sejak didiagnosis terjangkit hepatitis akut, pasien menjalani sejumlah rangkaian penanganan khusus. “Beruntung, pasien hanya meninjukan gejala ringan sehingga bisa ditangani,” katanya.

Dengan sembuhnya pasien tersebut, Mantan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang itu menuturkan, kini kasus virus yang menyerang anak di Banten nihil atau nol kasus.

“Untuk Banten, sampai dengan hari ini tidak ada kasus hepatitis akut misterius pada anak,” katanya.

Kendati demikian, lanjut Ati, petugas survailans dari mulai di tingkat Puskesmas sampai dinas kesehatan kabupaten atau kota tetap diminta untuk mengantisipasi dengan melakukan skrining.

Lalu melakukan sweeping kepada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi hepatitis. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang menyerang anak-anak tersebut. Masyarakat pun tetap harus waspada menjaga pola hidup sehat.

“Jadi untuk mencegah terjadinya hepatitis akut pada anak,” katanya.(An)