Pada Gelar TTGN XXIV 2023, Provinsi Banten Raih Penghargaan dan Juara 2 Unggulan Nasional

oleh -1 Dilihat
oleh

SERANG, PILARBANTEN.COM – Provinsi Banten meraih Juara 2 Kategori Unggulan Nasional pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XXIV Tahun 2023 di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (7/6/2023). Wahyudi, inovator asal Kota Cilegon meraih prestasi dengan inovasi pemanfaatan limbah Rumah Potong Hewan untuk kompos dan pakan ikan air tawar.

Wahyudi merupakan salah satu juara pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Banten XVII Tahun 2023 pada bulan Mei lalu di Kota Tangerang Selatan.

Selain prestasi yang diraih oleh Wahyudi, diberikan juga
Piagam Lencana Satya Utama Inovasi Desa Kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabar, atas kontribusi dan kerja keras membina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia.

Atas prestasi tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten Usman Asshidiqi Qohara memanjatkan syukur dan terima kasih kepada semua pihak khususnya Bapak Pj Gubernur Al Muktabar atas arahan dan pembinaannya dalam mendorong pengembangan inovasi teknologi tepat guna.

“Inovasi pengembangan menjadi prestasi yang dicapai ada di keseharian kita. Seperti inovasi pengolahan limbah ini. Prestasi ini diraih atas kerja bersama kita semua,” kata Usman.

Dikatakan, inovasi-inovasi yang berkembang perlu ditingkatkan lagi. Ada banyak potensi inovasi yang berkembang agar memberikan dampak ke masyarakat.

“Perlu sinergi antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Pemerintah Kabupaten/Kota agar arahnya sama dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna,” ungkap Usman.

Selain itu, untuk mengembangkan TTG pada masa yang akan datang, pihaknya akan melalukan pemetaan atas TTG yang saat ini berkembang dalam masyarakat. Usman meyakini, terdapat banyak inovasi dalam masyarakat yang bermanfaat dalam keseharian. Namun, belum tumbuhnya kepercayaan diri bahwa yang teknologi dihasilkan dapat bermanfaat luas. Kita perlu sinergi dengan semua pihak dalam memberikan pendampingan pengembangan teknologi tepat guna.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar mengucapkan selamat kepada para peraih juara.

“Teknologi Tepat Guna untuk menuju kemandirian Desa,” ungkapnya.

“Penggunaan dana Desa sangat direkomendasikan untuk inovasi, pengembangan, dan implementasi Teknologi Tepat Guna,” tambah Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Dikatakan, pengembangan Teknologi Tepat Guna diarahkan untuk kemajuan Desa di masa mendatang.

Sebagai informasi, Gelar TTGN XXIV Tahun 2023 dilaksanakan dari tanggal 1 s.d 11 Juni 2023. Tema yang diusung Inovasi Tiada Henti Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga.

Gelar TTGN sebagai ajang tukar menukar informasi inovasi teknologi dan informasi. Dimeriahkan oleh pesta rakyat, lokakarya, gelar wisata, temu bisnis, fashion show, cerdas cermat Nusantara, serta seni budaya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia yang juga Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT Ivanovich Augusta, mengungkapkan gelar TTGN mengejawantahkan rivalitas antara Desa, Kabupaten, hingga Provinsi dalam inovasi teknologi tepat guna(al)