Pilar Banten
Libur Nataru, Terminal Pakupatan Perketat Protokol Kesehatan

Libur Nataru, Terminal Pakupatan Perketat Protokol Kesehatan

Serang, – Pengelola Terminal Tipe A Pakupatan, Kota Serang menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Prokes itu meliputi seluruh calon penumpang wajib sudah melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, mewajibkan memakai masker serta menggunakan aplikasi peduli lindungi.

Kepala Kordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A (TTA) Pakupatan Waluyo Dyanto mengatakan, pihaknya sudah menyediakan berbagai posko layanan dalam menghadapi libur Nataru 2021 ini.

Posko pelayanan itu terdiri dari posko antigen, posko layanan utama, posko himbauan Prokes serta posko layanan vaksinasi.

“Posko-posko itu merupakan kerjasama dengan mitra seperti Dinkes, TNI dan Proleb untuk layanan antigen,” katanya, Selasa (28/12/2021).

Berbagai posko itu sengaja disediakan, lanjut Waluyo, untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi persyaratan perjalanan darat seperti yang telah diatur oleh pemerintah dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan jauh seperti ke Jawa dan Sumatera,” ujarnya.

Namun, lanjut Waluyo, bagi masyarakat umum juga posko itu bisa melakukan pelayanan. Misalnya yang hendak naik kereta api atau pesawat, bisa melakukan tes antigennya di Terminal Pakupatan.

“Jadi untuk siapa saja boleh memanfaatkan layanan itu,” ucapnya.

Dijelaskan Waluyo, untuk memastikan para penumpang sudah melakukan vaksinasi, pihaknya menerjunkan beberapa petugas yang berpatroli melakukan pengecekan dan pengawasan ke sejumlah kendaraan yang masuk ke terminal.

“Apakah penumpang sudah mengaktifkan aplikasi peduli lindungi atau belum, atau sudah divaksin atau belum. Jika belum, bisa dilakukan langsung di terminal,” tuturnya.(loet)

Leave a Reply