Lepas Satgas Operasi PAM Puter, Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Sejengkal Tanah Kita Harus Tetap Dilindungi

oleh -10 Dilihat
oleh

SERANG PILARBANTEN.COM –Penjabat (PJ) Gubernur Banten Al Muktabar secara simbolis melepas 33 personel anggota regu Aju dari Batalyon Infanteri 1 Marinir yang akan melaksanakan Misi Pengamanan Pulau Terluar (Puter) tidak berpenghuni ke-XXVII Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) I Pulau Deli, Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (13/6/2023).

33 personel Marinir dari TNI Angkatan Laut (AL) itu akan melaksanakan misi pengamanan Puter di Pulau Deli selama satu tahun ke depan. Pulau Deli sendiri merupakan pulau terluar Indonesia di Provinsi Banten yang berbatasan langsung dengan Australia.

“Pulau-pulau terluar sekaligus terdepan itu harus dijaga dengan baik. Kita pastikan tidak ada sejengkal tanah pun di wilayah Indonesia ini yang berpindah tangan, berpindah penguasaan dan kemanfaatan. Maka dari itu, kita harus jaga dan lindungi betul,” kata Al Muktabar.

Oleh karena itu, lanjut Al Muktabar, kepada para prajurit terbaik yang ditugaskan menitipkan di pundak mereka untuk menjaga itu dengan baik. Ini merupakan tugas mulia dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah menjadi harga mati.

“Kami sangat terbuka untuk melakukan diskusi jika ada hal-hal yang membutuhkan peran serta Pemprov Banten dalam rangka menjaga NKRI itu,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Al Muktabar, misi pengamanan Puter ini sangat penting dilakukan dalam rangka penegakan kedaulatan hukum NKRI. Oleh karena itu, Pemprov Banten sangat mengapresiasi dan mendukung misi mulia ini.

“Karena ini penegakan kedaulatan negara kita, maka NKRI harus dijunjung tinggi. Kita pertaruhkan segenap jiwa raga kita untuk Indonesia. Itu juga bagian dari membangun Banten, karena Banten maju Indonesia maju,” pungkasnya.

Kolonel (Mar) Isna Muhsin Abdilah Komandan Brigade Infanteri 1/Marinir yang mewakili Komandan Pasmar 1 menambahkan, para prajurit yang ditugaskan akan dipusatkan di Pulau Deli. Dalam satu tahun misi itu, mereka akan melakukan pengamanan.

“Selain pengamanan pulau Deli, ada empat pulau terluar lainnya yang dibawah jajaran kolakops Pam Puter Pasmar 1 yang menjadi wilayah tugas pengamanan Korps Marinir TNI AL yakni Pulau Rondo, Pulau Berhala, Pulau Nipah dan Pulau Sekatung” jelasnya didampingi oleh Komandan pangkalan TNI AL (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin. Sedangkan untuk pelaksanaan patroli rutin menggunakan kapal perang unsur KRI dari Koarmada 1 dan Lanal Banten.(al)