Laksanakan Seba, Warga Baduy Sudah Berdatangan di Kota Serang

oleh -11 Dilihat
oleh

Serang, Pilarbanten.com – Ribuan masyarakat Baduy sudah berdatangan di Kota Serang, sekitar Pukul 09.00 WIB, Sabtu, 29 April 2023 untuk melaksanakan ritual Seba kepada Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar. Sebelumnya, warga Baduy sudah melaksanakan ritual Seba kepada Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya, Jum’at, 28 April 2023.

Sebelum ritual Seba Baduy yang dilaksanakan Sabtu malam (29/4/2023) warga Baduy transit dan istirahat di halaman Gedung Juang 1945 Kota Serang. Selama transit, mereka disuguhi berbagai atraksi kesenian khas Banten.

Dalam melaksanakan Seba Baduy, pada Jum’at (28/4/2023) warga Baduy Luar menggunakan kendaraan menuju Pendopo Kabupaten Lebak. Sedangkan warga Baduy Dalam berjalan kaki dari Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak menuju Pendopo Kabupaten Lebak sejauh 49 km.

Keesokan harinya, Sabtu (29/4/2023) mereka menempuh perjalanan ke Rumah Dinas Gubernur Banten di Kota Serang sejauh 37 km.

Seba merupakan tradisi yang dilakukan warga Baduy dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun. Seba Baduy ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan prosesi silaturahmi antara masyarakat suku Baduy dengan Pemerintah setempat. Seba Baduy dilakukan di dua tempat, yaitu di Pendopo Kabupaten Lebak dan di Pendopo Gubernur Serang, Banten.

Dijadwalkan, warga Baduy juga akan diterima Bupati Serang Rt Tatu Chasanah di Pendopo Kabupaten Serang usai ritual Seba ke Penjabat Gubernur Banten.(al)