Kota Serang Resmi Tampung 400 Ton Sampah Dari Tangsel

Kota Serang Resmi Tampung 400 Ton Sampah Dari Tangsel

Serang, – Perjanjian kerjasama pengolahan dan pembuangan sampah antara Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan telah mendapat kesepakatan. TPA Cilowong, yang berada di Kecamatan Taktakan akan menampung sampah dari Tangsel 400 ton per hari.

Perjanjian pengolahan sampah antar dua daerah tersebut akan berlangsung selama tiga tahun.

“Udah ditandatangani (pengiriman akan dimulai) bulan Juni,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Ipiyanto, Rabu (28/4/2021).

Dia menyampaikan, dalam perjanjian tersebut disepakati bahwa Kota Serang akan mendapatkan retrebusi sebesar Rp175 ribu per ton dari Pemkot Tangsel. Hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan nota kesepahaman awal.

“Sama dengan yang kemarin 175 juta termasuk pengirimannya gak ada yang berubah. Kalau pengiriman kurang dari 400 ton akan dihitung juga,” katanya.

Mantan Kepala Disdukcapil Kota Serang itu mengatakan, Ibukota Banten akan mendapat keuntungan dari kerjasama tersebut baik dari pembenahan infrastruk TPA Cilowong dan lainnya termasuk konpensasi bagi warga yang tinggal di sekitar TPA. Namun, berapa besaran yang akan diterima warga masih dihitung dan akan dicantumkan dalam aturan perjanjian.

“(Konpensasi bagi warga) yang terdeket sekitar radius 2 kilometer 500 sampe 700 (Kepala Keluarga) KK,” katanya.

Ipiyanto mengklaim, warga sekitar TPA sudah menerima wilayahnya kembali mendapat kiriman sampah dari Tangsel. Padahal sebelumnya, sejumlah warga telah menyampaikan keberatan dan menolak rencana tersebut saat audiensi dengan Wali Kota Serang Syafrudin beberapa waktu lalu.

“(Gak ada penolakan warga?) Yaudah gak ada masalah (menerima),” tuturnya.(Wr).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: