Pilar Banten
Pemprov Mengaku Siap Jadi Tuan Rumah PON

Pemprov Mengaku Siap Jadi Tuan Rumah PON

Serang, – Pemprov Banten mengaku sudah siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang.

Kesiapan itu mengingat saat ini Banten sudah memiliki seluruh fasilitas penunjang olahraga di Banten Internasional Stadium (BIS) dengan berbagai venue olahraganya.

Hal itu dikatakan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) pada saat memberikan sambutan di acara pengukuhan dan pelantikan pengurus KONI Banten masa bhakti 2021-2025 di aula Pendopo Lama, Jalan Brigjen KH Sam’un No.5, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Rabu (2/2/2022).

Turut hadir pula dalam acara itu Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Noman, Wakil Gubernur yang juga Ketua KONI Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef A Nae Soi, Ketua KONI Nusa Tenggara Barat (NTB) Andy Hadianto, mantan ketua KONI Provinsi Banten dua periode Brigjen (Pol) Purn Rumiah Kartoredjo, Ketua KONI Provinsi Banten yang akan dilantik Edi Ariadi beserta puluhan pengurus KONI periode 2021-2025 yang akan dikukuhkan.

Dengan pembangunan infrastruktur olahraga yang dilakukannya, Gubernur WH mengaku siap menjadi tuan rumah PON. Namun meskipun demikian ia menghormati Pemprov NTT untuk terlebih dahulu sebagai tuan rumah.

“Kalau dari kesiapan sih, kita lebih siap. Tapi kita menghormati, biar Pemprov NTT dulu yang menjadi tuan rumah,” katanya yang disambut tawa para hadirin dan tamu undangan yang hadir.

Di dalam kawasan BIS ini, lanjut WH, ada banyak fasilitas venue olahraga yang bisa digunakan sebagai tempat latihan para atlet.

Namun karena terbentur adanya Covid-19, sehingga pengerjaannya baru akan selesai di bulan Maret 2022 nanti, dan akan diresmikan pada tanggal 26 Maret 2022.

“Itu seharusnya sudah selesai semua, tapi karena ada Covid-19, jadi molor,” ucapnya.

Pembangunan BIS itu, tambah WH, merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemprov dalam meningkatkan prestasi para atlet Olahraga yang ada di Banten.

“Kita waktu di PON Jawa Barat bisa mendapat peringkat 13 besar, namun ketika di Papua kemarin merosot ke peringkat 14,” ucapnya.

Namun ketika semua infrastruktur olahraga yang sedang disiapkannya itu bisa digunakan, WH yakin Banten akan masuk 10 besar nasional.

“Kita dukung penuh baik dari penganggaran, fasilitas maupun kebijakannya,” pungkasnya.(loet)

Tinggalkan Balasan