Kesbangpol Kabupaten Serang Deteksi Dini Kerawanan Jelang Pemilu

oleh -131 Dilihat
oleh
Program Kesbangpol Kabser

Serang, Pilarbanten.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Serang menyusun program-program Tahun 2023 mendatang. Salah satu program yakni kegiatan deteksi dini kerawanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 mendatang.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Serang, Epi Priatna menuturkan, bahwa semua program di Kesbangpol sangat penting. Hanya saja, ada beberapa kegiatan-kegiatan di Tahun 2023 dan 2024, terutama berkaitan dengan persiapan menghadapi pemilu perlu dukungan yang sangat besar.

“Termasuk kegiatan deteksi dini, kewaspadaan dini kita perlu di perkuat dengan anggaran yang memadai termasuk untuk bidang lain wawasan kebangsaan juga sama. Jadi pada intinya Kesbangpol perlu dukungan sebagai badan yang baru, perlu dukungan dana yang memadai dan cukup,”ungkap Epi.

Baca Juga:  Sinergi Organsiasi Sipil, Bupati Serang Apresiasi Konsep Pemberdayaan di Padarincang

Hal itu di ungkapkan Epi usai menggelar Forum Perangkat Daerah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2022 di Aula KH. Syam’un pada Kamis, 10 Maret 2022. Turut hadir Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupa ten Serang, Abdul Kholiq, dan perwakilan OPD terkait.

Meski demikian Mantan Sekretaris Inspektorat ini memaklumi dengan kondisi masa pandemic covid-2019 selama dua tahun terakhir. Bahwasanya saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang kaitan dengan anggaran belum stabil, masih ada kendala-kendala.

Baca Juga:  Desa Padarincang Terapkan Konsep Wisata Inklusi Keuangan

“Tapi Insya Allah kami optims Tahun 2023 dan selanjutnya mudah-mudahan perkembangan keuangan di Kabupaten Serang tambah baik, dan pandemi juga mudah-mudahan sudah tidak ada,”ucap Epi Priatna.

Pada intinya Epi menegaskan, jika Kesbangpol Kabupaten Serang siap dalam menyukseskan Pemilu Serentak mendatang sesuai tupoksi (tugas pokok fungsi) nya. “Sangat siap, pertama perlu dari kami lakukan pendidikan politik kepada masyarakat juga kepada pemilh pemula yang mungkin akan melaksanakan pemilihan di tahun 2024,”katanya.

Baca Juga:  Pemprov Banten Dorong Pakar dan Praktisi Terlibat Dalam Penguatan Pangan

“Selanjutnya kaitan dukungan-dukungan sosialisasi dan sebagainya sehingga tentunya kita perlu koordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum), partai politik (parpol) kaitan dengan sukses dan lancarnya pemilu di tahun 2024, sebagian tahapannya sudah mulai di tahun 2023,”tutur Epi.

Sementara Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, Abdul Kholiq berharap Kesbangpol yang sebelumnya Bagian saat ini meningkat menjadi Badan agar lebih meningkatkan lagi program kinerjanya. “Bukan sekrang belum baik tapi sudah baik, namun tugas dan fungsinya lebih di tingkatkan lagi karena sudah menjadi Badan Kesbangpol bukan Bagian Kesbangpol lagi,”ujarnya.(js)