Pilar Banten

Kepala DKP Banten : Kurangi Penggunaan Plastik Sekarang!

Kepala DKP Banten : Kurangi Penggunaan Plastik Sekarang!

Serang – Sampah plastik menjadi masalah lingkungan yang serius. Selain susah diurai, keberadaan sampah plastik di pesisir dan laut juga menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat mulai mengurangi penggunaan plastik mulai dari sekarang.
Banyak sampah plastik yang berserakan di tengah laut. Laut tempat hidup jutaan ikan berkembangbiak, sekarang seperti tempat pembuangan sampah plastik yang sangat luas.
“Laut kita itu banyak sampah plastiknya. Ini harus kita selamatkan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten Suyitno, Rabu (9/10/2019).
Menurut Suyitno, masyarakat Banten mulai sekarang harus mengubah pola pemakaian plastik, baik ketika belanja maupun keperluan rumah tangga lainnya. Sekarang sudah saatnya kita beralih kepada bahan yang mudah diurai, seperti kertas atau bahan ramah lingkungan lainnya.
“Jangka waktu penguraian plastik itu sekitar 100 tahun, itu pun tidak hilang semua, cuma hancur saja. Kalau kita berpindah ke bahan yang ramah lingkungan, akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan juga ke depan,” ucapnya.
Hal tersebut mendapat dukungan dari Asda 2 Engkos Kosasih Samanhudi. Menurut Engkos, gerakan penyadaran pengurangan pemakaian plastik harus segera dilakukan, mengingat bangsa ini sedang krisis sampah plastik. Menurut data yang kami terima, Indonesia merupakan negara terbesar kedua penyumbang sampah plastik setelah Tiongkok. Dan sampah plastik itu kemudian banyak berserakan di pantai dan tengah laut.
“Ini kalau dimakan ikan, terus ikannya kita makan sangat berbahaya,” katanya.
Oleh karena itu, Pemprov Banten mengajak semua kalangan untuk ikut terlibat dalam gerakan ini. (Rey/Al)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *