Kawasan Masjid Agung Banten Lama Masih Terendam Banjir

oleh -16 Dilihat
oleh

Serang, – Banjir akibat luapan sungai Cibanten masih mengepung sejumlah titik di Kota Serang. Terutama di Kawasan Banten Lama dan Masjid Agung Banten, Rabu (2/3/2022).

Berdasarkan pantaun di lapangan banjir di Masjid Agung Banten yang merupakan sisa kejayaan Kesultanan Banten itu masih setinggi setengah meter. Air masih merendam lingkungan masjid dan komplek pemakanan. 

Meski begitu ketinggian air di kawasan wisata religi Banten Lama sudah lebih surut dibanding pada Selasa (1/3/2022) malam.

Jumri, penjaga Masjid Agung Banten mengatakan, saat ini air masih merendam penziarahan Sultan Banten Maulana Hasanuddin dan beberapa makam di sekitarnya.”Kalau kuburan masih kerendem, rata-rata,” katanya.

Sementara, banjir masih setinggi pinggang orang dewasa khususnya di Kampung Sukadiri, Kecamatan Kasemen. Warga sebagian juga masih mengungsi di reruntuhan Keraton Surosowan. 

“Masih ada airnya selutut , dari semalam nginep di benteng,” tuturnya.

Megat salah satu warga mengatakan, ada sekitar seratusan rumah di Sukadiri yang masih terendam. Tapi, ada sebagian yang mulai membersihkan lumpur di beberapa rumah yang tidak terendam. 

“mulai surut, tadinya mah sepinggang, ini dari pagi mulai surut. Sebagian sudah mulai bersih-bersih barang,” katanya.(kusno).