Kadin Banten Komitmen Kembangkan UMKM Lebak

oleh -11 Dilihat
oleh

Lebak, – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten Mochmad Azzari Jayabaya mengunjungi Pasar Tani di Plaza Lebak. Jum’at (21/1/2022).

Pria yang akrab di sapa Amal Jayabaya itu menuturkan, kehadirannya ke plaza Lebak tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang sudah memamerkan produk UMKM dan geliat masyarakat yang mengembangkan produk UMKM.

“Saya sangat setuju kepada Pemda Lebak yang sudah mengembangkan produk UMKM, dan geliat masyarakat dalam mengembangkan UMKM ini sangat luar biasa. Pemda Lebak melalui Dinas Koprasi untuk segera mengurus legalitas perizinannya, agar produk UMKM di Lebak ini bisa berkembang pesat ke daerah lain bahkan ke luar negeri nantinya,” ungkap Amal Jayabaya.

Ia juga mengatakan, Kadin Banten juga kebetulan lagi fokus mengembangkan program produk UMKM di masing-masing bidang.

“Minimal masing-masing di WKU Kadin Banten perbidang itu mempunyai delapan binaan produk UMKM,” kata Amal Jayabaya.

Ia berharap produk UMKM di Lebak ini bisa berkembang pesat keluar daerah bahkan keluar negeri.

“Saya harap UMKM di Lebak ini bisa berkembang ke kancah nasional bahkan ke luar negeri,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM, Abdul Waseh menyebut, produk UMKM yang di pamerkan tersebut sebagian besar sudah selesai legalitas perizinannya. Hanya beberapa produk masih dalam tahap proses berjalan.

“Sebagian besar Alhamdulillah legalitas perizinannya sudah kami bantu dan sudah selesai, bahkan ada yang sudah ekspor keluar negeri juga seperti gula aren hariang, itu masuk ke Dubai dan Turki. Tetapi beberapa produk masih kita bina dan legalitasnya masih dalam proses,” ungkap Waseh. (Lukman)