Pilar Banten

Jelang Pelantikan Presiden, Dua KRI Disiagakan di Selat Sunda

Jelang Pelantikan Presiden, Dua KRI Disiagakan di Selat Sunda

Serang – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menyiagakan dua kapal perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Selat Sunda dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Komandan TNI Anglatan Laut (Dan Lanal) Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah mengatakan KRI Halasan dan KRI Tenggiri akan disiagakan di pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon. Kemudian malam hati kapal tersebuta akan berlayar di sekitaran perairan Selat Sunda.

“Kita ada pengamanan sendiri dalam rangka pengamanan pelantikan, itu dibawah jajaran Koarmada I sendiri itu ada gelar operasi. Ada operasi Guspurla, Operasi Armada dan Lantamal,” kata Golkariansyah, Jumat (18/10/2019).

Pelabuhan Merak dan sejumlah pelabuhan lain turut dijaga oleh TNI AL, terutama tempat yang menjadi objek vital di sekitar perairan tersebut. Perairan Selat Sunda merupakan salah satu perairan tersibuk di Indonesia karena jalur terdekat dengan waktu tempuh singkat dari dari arah Malaysia maupun Singapura menuju Australia. 

“(Antisipasi) pasti ada yg di antisipasi. (Pelabuhan merak) kita ada pengamanan di pelabuhan merak seperti biasa, tapi jelang pelantikan kita aalda satgas sendiri sekitar 1 pleton,” katanya.

Sementara TNI AD Korem 064/Maulana Yusuf Serang mengirimkan prajuritnya ke Jakarta untuk membantu pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang.

“Kita mengikuti petunjuk pimpinan saja. Untuk (Prajurit dikirim) tentunya ada, untuk memperkuat. Untuk kekuatan tentu tidak kita publikasikan. Kalau (Bentuk pengamanan) yang disini (Banten) kan sesuai pemegangnya tetap dari Kapolda, kecuali Jakarta Kan disini tidak ada VVIP,” kata Dandrem 064 MY Serang Kolonel Inf. Windiyatno. (Anwar/Teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *