Jalani Sidang Doktoral, Airin Rachmi Diany Tetap Tenang

oleh -4 Dilihat
oleh

BANDUNG, – Airin Rachmi Diany baru saja menjalani Sidang Doktoral di Bidang Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran, Jumat (27/1/2023). Sidang diselenggarakan di Gedung Mochtar Kusumaatmadja, Ruang Auditorium Lantai IV, Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung pukul 09.00.

Airin tiba di lokasi satu jam lebih awal. Ia menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung dengan dosen pembimbing dan penguji serta kerabat yang hadir mendukung secara langsung.
“Deg-degan sih tapi doain ya!” tutur Airin pada semua orang yang datang.

Sejak memasuki ruang sidang, Airin tampak tenang. Tidak terlihat gurat gugup pada wajahnya.
Bahkan saat berhadapan dengan salah satu oponen ahli, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, ia tetap tenang.

Dirinya bahkan menjawab dengan lugas setiap pertanyaan yang diajukan padanya.
Ketenangan Airin mengundang decak kagum dari salah satu profesor penguji.

“Anda ini kok enggak gugup sama sekali sih! Tenang banget loh beliau ini,” celetuk sang profesor mengundang derai tawa.

Setelah Airin menjalani Sidang Doktoral, jajaran profesor penguji dan promotor menyatakan Airin resmi menyandang Gelar Doktor Ilmu Hukum dengan predikat Cum Laude. Airin menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran oponen ahli, dosen pembimbing, orang tua, suami, dan anak-anaknya.

“Terima kasih atas support dan motivasi yang sangat luar biasa. Yang sudah mengingatkan saya untuk bisa menyelesaikan,” ucapnya.

“Semoga penelitian yang saya lakukan insya Allah akan memberikan manfaat. Dan yang paling penting dari ini semuanya, apa yang saya lakukan hari ini bisa memberikan manfaat untuk diri saya sendiri, untuk keluarga, dan masyarakat. Semoga bisa memberikan warna dan sistem. Mudah-mudahan Indonesia bisa jadi lebih baik lagi,” harapnya. (teguh)