Pilar Banten
Jalan Cikumpay – Ciparay rusak Parah, AMPP dari Empat Desa di Lebak Ancam Demo

Jalan Cikumpay – Ciparay rusak Parah, AMPP dari Empat Desa di Lebak Ancam Demo

Lebak, – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyrakat Peduli Pembangunan (AMPP) persatuan dari masyarakat Desa Mekarjaya, Jatake, Panggarangan dan desa Cisuren kabupaten Lebak mengeluhkan kondisi ruas jalan Cikumpay-Ciparay sepanjang 24,9 kilo meter lantaran jalan tersebut rusak parah.


“Kami Ingin menyampaikan kepada Pemda Lebak bahwa jalan Cikumpay-Ciparay sepanjang 24,9 Km merupakan jalan kabupaten yang selama ini tidak pernah mendapatkan perhatian bahkan tidak pernah tersentuh anggaran, kondisi jalan saat ini sangat memprihatinkan dan menghambat akses transfortasi masyarakat dari empat desa,” ungkap H Engkus Tokoh Masyrakat Desa Mekarjaya, Senin (22/11/2021) lalu.

Sebelumnya kata dia, rencana Pemerintah Daerah (Pemda ) Lebak untuk pembangunan Infrastruktur Jalan Cikumpay-Cigudeg sepanjang 72,4 Km. yang mengacu pada surat edaran Bupati Lebak pada tahun 2016, Surat dengan nomor 912/472-Admpemb/2016 Pemda bekerjasama dengan CSR PT. Cemindo Gemilang.


“Pada saat ini menurunkan alat berat untuk melakukan pelebaran jalan dan semestinya pemda Lebak melakukan pengaspalan atau pengecoran ini malah dibiarkan begitu saja tidak ada tindak lanjut yang jelas. ini membuktikan bahwa sampai sekarang tahun 2021 Penuntasan pembangunan ruas jalan tersebut belum kunjung di bangun malah kondisinya semakin parah,” tegas H Engkus.

Lebih lanjut ia menganggap Bupati Lebak tidak serius dalam melakukan perencanaan pembangunan Infrastruktur Jalan. “Kami masyarakat menginginkan Pemda Lebak segera realisasikan pembangunan jalan ini, karena kami sangat membutuhkan akses jalan ini,” katanya.

Sementara Deris Haryanto aktivis Pemuda menegaskan bahwa para tokoh masyarakat yang teridiri dari empat desa dalam sering melakukan pertemuan bersama dengan seluruh elemen masyrakat.


“Ini membuktikan bahwa kami ingin akses jalan Cikumpay hingga Ciparai ini segera dibangun,” ujarnya.

Ia mengancam hasil kesepakatan bersama para Tokmas, dan semua elemen masyrakat dari empat desa akan melakukan aksi demontrasi sebelum ada keputusan dari pemerintah kabupaten Lebak tentang akan di bangunnya ruas jalan Cikumpay-Ciparay.


“Sebelum ada keputusan yang jelas kami bersama tokmas, pemuda dan elemen masyarakat akan melakukan aksi demonstrasi di lokasi jalan itu,” katanya.

Dikatakan Deris, AMPP yang tergabung dari Desa Mekarjaya, Jatake, Panggarangan dan Desa Cisuren menuntut Bupati Lebak segera melakukan langkah-langkah yang nyata untuk menuntaskan pembangunan ruas Jl. Cikumpay-Ciparay, sepanjang 24,9 Km

“Jika Pemkab Lebak sudah tidak mampu untuk membiayai pembangunan Infrastruktur Jalan Cikumpay-Cigudeg maka secepatnya pemkab menerbitkan Surat Keputusan status Alih jalan kabupaten menjadi jalan Provinsi agar selanjutnya Pemerintah Provinsi Banten yang merencanakan dan membangun ruas jalan itu,” tegasnya. (teguh)

Tinggalkan Balasan