Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemkab Serang Siap Gelar OP

oleh -8 Dilihat
oleh

SERANG PILARBANTEN.COM – Bazar murah menjelang dan selama Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di delapan titik atau kecamatan selesai dilaksanakan pada Rabu, 12 April 2023. Bazar murah atas kepedulian Pemkab Serang kepada masyarakat ketika terjadi perubahan pola konsumsi selama ramadhan, dengan memberikan harga kebutuhan pokok lebih murah dari pasaran.

Tidak sampai disitu pada momen menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1444 Hijriyah atau lebaran, guna menekan harga kebutuhan pokok Pemkab Serang melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) siap menggelar operasi pasar atau OP di pasar-pasar yang ada di wilayah Kabupaten Serang.

Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa menuturkan bahwa untuk tahun ini bazar murah dilaksanakan di 8 titik atau kecamatan di awali di Kecamatan Lebak wangi, Tunjung teja, Kragilan, Anyer, Binuang, Ciomas, Bojonegara dan terakhir Kecamatan Cikande. ”Ini yang terakhir. Setiap tahun kita selenggarakan bazar, tahun sebelumnya lebih dari 8 titik,”ujar Pandji usai membuka dan meninjau Bazar Murah di Alun-alun Kecamatan Cikande.

Turut hadir sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Serang, perwakilan dari PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) atau Bank Serang, Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesra Nanang Supriatna, Kepala Diskoumperindag Adang Rahmat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Aber Nurhadi, Camat Cikande Moch Agus, unsur Forkopimda dan ratusan masyarakat.

Pandji mengatakan, bazar murah bagian dari kepedulian Pemkab Serang kepada masyarakat ketika menjelang bulan puasa dan bulan puasa ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat. Menurutnya, ketika perubahan pola konsumsi masyarakat implikasinya kecenderungan terjadi peningkatan harga-harga kebutuhan pokok.

”Makanya Pemkab Serang melalui Diskoumperindag melaksanakan bazar murah ramadhan menjual barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang semurah mungkin, ini sasarannya masyarakat yang berpenghasilan rendah ketika terjadi gejolak peningkatan harga kita usahakan di berikan bazar murah. Diharapkan memelihara stabilitas harga, diharapkan menjaga sehingga tidak terjadi lonjakan harga,”ungkapnya.

Diharapkan juga bazar murah bisa sedikit membantu masyarakat selama bulan ramadhan karena adanya beban ekonomi bisa terbantu dari harga sembako dari jangkauan mereka. ”Sehingga di sediakan bahan pokok yang menjadi kebutuhan mereka,”tuturnya.

Kepala Diskoumperindag Kabupaten Serang Adang Rahmat menambahkan untuk menekan harga menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1444 Hijriah pihaknya siap menggelar operasi pasar meski bazar murah selesai di laksanakan. ”Kita tetap masih ada OP langsung ke pasar-pasar yang ada di wilayah Kabupaten Serang. Untuk titiknya di Kecamatan Anyer, Tunjung Teja, dan wilayah Kecamatan Tirtayasa,”ujarnya.

Menurut Adang, menjelang lebaran untuk kebutuhan pokok yang perlu di waspadai yakni untuk harga telur, minyak, gula, dan daging karena kebutuhan untuk hari raya kemungkinan yang sangat meningkat. Berbeda dengan harga cabai kondisinya stabil karena banyak pasokan-pasokan yang masuk jadi relatif stabil. ”Kalau untuk kesediaan barang itu relatif aman, kemaren kita cek dengan tim juga di gudang-gudang sudah cukup aman untuk kebutuhan pokok jelang hari raya,”katanya.

Namun untuk saat ini, sebut Adang, harga-harga kebutuhan pokok di pasaran relatif stabil. ”Tapi di bazar ramadhan ini kita harganya jauh lebih murah, contoh daging di pasaran sekitar Rp120 ribu sedangkan disini bazar murah hanya Rp100 ribu, dan stoknya sudah habis terjual, harga minyak juga murah hanya Rp14 ribu,”tutur Adang.(js)