Ini Salah Satu Strategi Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dalam Mengurangi Pengangguran

oleh -281 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus menjalankan salah satu strategi mengurangi pengangguran di Provinsi Banten. Yakni, melengkapi sarana dan prasarana sekolah baik SMK, SMA dan SKh di Provinsi Banten agar lulusannya terakses ke lapangan kerja.

 

Hal itu diungkap Al Muktabar usai peresmian pembangunan sarana prasarana sekolah di Kota Cilegon dalam rangka ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak 2024 di SMK Negeri 4 Kota Cilegon Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon, Jum’at (26/1/2024)

 

“Ini yang menjadi konsentrasi kita. Makanya selalu kita lengkapi sarana dan prasarana sekolah agar mereka bisa terakses ke lapangan kerja sesuai dengan keahlian bidangnya masing-masing,” ungkap Al Muktabar.

Baca Juga:  Inspektur Kabupaten Serang Ingatkan Jangan Ada Pungli di Pelayanan Publik

 

“Kita terus berusaha siapkan lulusan SMK, SMA dan SKH yang unggul. Sarana prasarananya kita lengkapi. Vokasinya kita dorong. Yang pasti kita upayakan agar terakses ke lapangan kerja,” sambungnya.

Al Muktabar mengaku dirinya tengah mendorong sekolah-sekolah swasta untuk meningkatkan peran dan kualitas mutu yang baik dengan memberikan kontribusi seperti Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dan lain-lain.

 

“Disamping itu kita juga berkontribusi terhadap pembiayaan-pembiayaan seperti bosda dan lain-lain terhadap sekolah swasta di Provinsi Banten agar dapat meningkatkan mutunya sehingga menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas,” katanya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadiri Rapat Paripurna DPRD Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Tabrani mengatakan Di Kota Cilegon Tahun 2023 pada SMKN 4 telah dibangun gedung praktik siswa yang dilengkapi ruang simulasi dan alat praktik, pada SMKN 1 Cilegon diberikan sarana praktik teknik pemesinan, SMKN 2 diberikan sarana praktek kimia industri dan pembangunan ruang analis kimia, pada SMKN 3 diberikan kelengkapan praktik dan 1 unit Mobil Usaha Layanan Wisata, dan SKH 1 Cilegon dibangun 2 Ruang Kelas Baru (RKB).

Baca Juga:  Pemprov Akan Ambil Alih Pengelolaan Bank Banten

“Alhamdulillah sekarang sarana dan prasarana tersebut sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh sekolah,” ungkap Tabrani.

 

Siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran SMK Negeri 4 Tanita merasa senang atas bantuan sarana dan prasarana yang diberikan Pemprov Banten terhadap sekolahnya. Ia berharap setelah diberikannya bantuan ini para siswa menjadi semangat belajar, merasa nyaman dan dapat berkembang.

 

“Alhamdulillah senang sekali rasanya sekolah kita semakin lengkap. Mudah-mudahan habis lulus dari sini kita semua bisa mendapatkan pekerjaan. Sekarang kita makin semangat belajar,” ungkapnya.(js)