Pilar Banten

Ini Alasan Layanan Pembuatan KTP Lambat di Kota Serang

Ini Alasan Layanan Pembuatan KTP Lambat di Kota Serang

Serang – Wali Kota Serang Syafrudin mengaku pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP lambat. Keterlambatan ini karena terbatasnya ketersedian bangko e-KTP.

Akibatnya, petugas kerap mengatakan kehabisan blangko e-KTP walaupun sebenarnya ada tapi terbatas. Pelayanan efektif pelayanan hanya terjadi dua hari pada setiap seminggu.

“Kuota blangko yang diteriama Disdukcapil kota Serang satu minggu hanya 500 sedangkan sehari orang yang membuat KTP bisa mencapai 300 orang,” kata Syafrudin saat meninjau pelayanan pembuatan KTP di Kantor Disdukcapil Kota Serang, Kamis (11/7/2019).

Jika suplai blangko dapat lebih, menurut Syafrudin, pelayanan pembuatan e-KTP akan cepat, bahkan pembuatan KTP bisa ditempuh satu hari pelayanan.” Nanti kita akan berkirim surat kepada pemerintah pusat untuk menambah ketersedian blangko di Kota Serang,” katanya.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Hudori mengatakan ketersediaan blangko yang terbatas itu membuat Dukcapil harus mengalokasikannya kepada warga yang diproritaskan. Warga yang masuk kategori prioritas, adalah warga pemula dan warga yang e-KTP-nya hilang.

Sementara untuk pendatang, warga dengan e-KTP rusak dan e-KTP yang masa berlakunya habis, tidak termasuk dalam prioritas.

“Pelayanan kadang hanya dua hari karena tiga hari selanjutnya balngko sudah habis,” katanya. (Anwar/Teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: