Pilar Banten

Gubernur klaim harga bahan pokok stabil di Banten jelang ramadhan

Gubernur klaim harga bahan pokok stabil di Banten jelang ramadhan

Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim mengklaim ketersediaan pasokan serta harga barang pokok menjelang masuknya bulan Ramadhan tahun 2019 di Provinsi Banten masih terjaga dan stabil.

Hal ini disampaikan Gubernur Banten saat melakukan pemantauan lapangan harga bahan pokok di Pasar Induk Rau Kota Serang ditemani Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Dandrem 064 Maulana Yusuf Serang Kolonel Infantri Windiyatno dan Kadisperindag Banten Babar Suharso.

Wahidin mengatakan dari beberapa harga bahan pokok yang dipantau seperti harga cabai, daging, beras, telur relatif stabil dan hanya harga bawang putih yang mengalami kenaikan sebesar Rp 48 ribu.

“Masih terjaga stabilitas harga bahan pokok, seperti daging hanya 110 ribu, telur stabil hanya bawang putih mungkin karena permintaan naik. Menjelang puasa kita pantau terus khawatir terlampau melambung,” kata Wahidin di Pasar Induk Rau, Senin (29/4).

Pemerintah Provinsi Banten akan menggelar rapat kordinasi bersama satgas pangan mengenai upaya pengendalian harga pangan menjelang bulan ramadhan.

“Kita kan besok ada rapat pengendalian harga bahan pokok termasuk intervensi harga bawang putih nyangkutnya dimana. Operasi pasar dengan intervensi ada yang nyimpan gak?,” Tuturnya.

Upaya Menanggulangi Penimbunan Bahan Pokok

Ditempat yang sama Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan satgas pangan akan melakukan upaya pencegahan penimbunan bahan pokok dengan melakukan pemantauan harga dan pasokan di pasar secara intensif agar dapat dilakukan antisipasi dengan cepat ketika terjadi gejolak harga.

Kedua, yakni memetakan jalur rantai distribusi. Salah satunya dengan mengawal kelancaran pemasukan bahan pokok dari pelabuhan. Ketiga, identifikasi jumlah stok bahan pokok.

“kita Melakukan pemantauan di Gudang-gudang khususnya kita cek bahan pokok yang mengalami pergerakan dan mengecek jalur distribusi bawang putih,” katanya.

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: