Groundbreaking Pembangunan Ruas Jalan Ciparay-Cikumpay, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Pemerintah Hadir Menyiapkan Layanan Dasar

oleh -192 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan pembangunan ruas jalan Ciparay-Cikumpay merupakan upaya pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur layanan dasar kepada masyarakat.

 

Terlebih, kata Al Muktabar, ruas jalan tersebut dapat mendukung sektor pariwisata, yakni wisata Gunung Luhur dan wisata pantai. Sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

 

“Ini bagian pemerintah hadir menyiapkan infrastruktur untuk layanan dasar kepada masyarakat, akses jalan salah satu penunjang keterkaitan dengan sarana lain termasuk tata ekonomi masyarakat,” ungkap Al Muktabar usai melaksanakan Groundbreaking Pembangunan Ruas Jalan Ciparay-Cikumpay Tahun Anggaran 2024 di Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga:  Potensi Banjir Bandang di Banten, Begini Kata Gubernur Banten

 

Selain itu, Al Muktabar juga menyampaikan pembangunan jalan tersebut menghubungkan akses sejumlah desa dan membantu masyarakat untuk menuju sarana pendidikan.

“Ini juga melewati sarana pendidikan, itu tujuan bersama kita untuk menyiapkan layanan pendidikan baik itu sarana dan prasarananya,” katanya.

 

Selanjutnya, Al Muktabar menuturkan pembangunan jalan itu juga sebagai upaya dalam pengembangan potensi yang dimiliki. Lantaran pembangunan infrastruktur memiliki multiplier effect positif dari berbagai agenda.

 

“Banyak potensi yang luar biasa, dan pemerintah hadir menyiapkan layanan dasar yaitu infrastruktur. Lantaran infrastruktur memiliki multiplier effect yang positif,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mengajak masyarakat mendukung selama proses pembangunan ruas jalan Ciparay-Cikumpay, serta turut menjaga setelah pembangunan tersebut rampung.

Baca Juga:  Pantau Arus Mudik, Bupati Serang Pastikan Pos Pelayanan Nyaman untuk Pemudik

 

“Mohon dukungan masyarakat selama proses pembangunan karena selama pembangunan perlu kita jaga bersama,” jelasnya.

 

Sementara, Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan mengatakan pembangunan ruas jalan Ciparay-Cikumpay merupakan salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Banten pada tahun 2024. Pembangunan tersebut bertujuan untuk membantu mobilitas masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pada awal tahun 2023 pak Pj Gubernur Banten telah mengeluarkan surat keputusan terkait penetapan ruas jalan Kabupaten/Kota yang menjadi kewenangan Provinsi Banten, sehingga pada tahun 2024 ini menjadi prioritas untuk dilakukan pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga:  Meninjau persiapan Fasilitas Mudik Lebaran tahun 2024 di Kota Serang, DPR RI komisi V di sambut PJ Walikota Serang Yedi Rahmat

 

Selanjutnya, Arlan menyampaikan pihaknya akan membangun ruas jalan Ciparay-Cikumpay sepanjang 12,27 KM dan lebar 6 meter yang menggunakan jenis konstruksi Beton FS 4,5 MPa dan Penanganan Longsor dengan Sheet Pile serta pekerjaan saluran/drainase.

 

“Waktu pengerjaaan selama 300 hari kalender, dan kita akan melakukan rekayasa lalu lintas agar pembangunan dapat lebih cepat,” pungkasnya.

 

Sementara salah satu warga, Ari menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Banten yang akan membangun jalan Ciparay-Cikumpay.

 

“Terima kasih Pak Pj Gubernur Banten, semoga jalan ini dapat membantu masyarakat,” pungkasnya.(js/red)