Google Trends Hari Ini, Hari Ibu Beda dengan Mother’s Day

oleh -8 Dilihat
oleh

Perayaan Hari Ibu (PHI) yang ada di Indonesia dan Mother’s Day diperingati beberapa negara dunia ternyata ada perbedaan baik dari hari perayaan juga sejarahnya.

Untuk hari ibu di Indonesia dirayakan setiap tanggal 22 Desember, sedangkan untuk Mother’s Day dirayakan pada Minggu kedua bulan Mei.

Seperti dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam siaran pers Nomor: B-353/Set/Rokum/MP 01/12/2020, menegaskan PHI di Indonesia bukanlah Mother’s Day, namun merupakan momentum dimana perempuan Indonesia menyatukan gagasan, pendapat, dan pemikirannya mengenai peran perempuan dalam perjuangan meraih dan mengisi kemerdekaan.

Menurutnya semangat perjuangan perempuan ini tentunya telah menginspirasi para pendiri bangsa, dan juga pengisi kemerdekaan untuk mewujudkan pembangunan nasional yang setara dan inklusif.

Untuk sejarah peringatan Hari Ibu bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938 di Bandung, yang juga menjadi penanda tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu untuk pertama kalinya.
Tanggal yang dipilih tersebut bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928.

Sedangkan Mother’s Day di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Dari beberapa artikel, hari ibu di Amerika Serikat dirayakan pertama kali pada tahun 1908, ketika Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya di Grafton, West Virginia. (teguh)