Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Salurkan Bantuan Lisdes

oleh -178 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM – Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan bantuan Listrik Desa (Lisdes) dalam rangkaian Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak, Senin (5/2/2024). Bantuan disalurkan di dua tempat di Kabupaten Lebak, yaitu di halaman RSUD Malimping dan di halaman kantor Kecamatan Curug Bitung. Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar juga menyerahkan beragam bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Al Muktabar mengatakan, bantuan diberikan sebagai bentuk bahwa pemerintah hadir dalam masyarakat. Khusus bantuan Lisdes, Al Muktabar mengakui, secara individual masih ada yang belum terjangkau secara kemampuannya untuk mendapatkan layanan listrik. Untuk itu, pihaknya memberikan bantuan yang mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Banten Deri Dariawan mengatakan, bantuan Lisdes yang diberikan berupa sambungan rumah, bantuan instalasi rumah dan token sebesar Rp20 ribu. Selama tahun 2023, Pemprov Banten menyalurkan sebanyak 8.500 sambungan Lisdes. Sementara untuk Kab. Lebak sebanyak 2.500 sambungan.

Baca Juga:  Aplikasi E-SAPA Permudah Monitoring dan Perlindungan Perempuan dan Anak

Deri mengatakan, pada dasarnya, masyarakat di Provinsi Banten hampir semuanya sudah mendapatkan layanan listrik. Sampai saat ini, rasio eletrifikasi sudah mencapai 99,9%. Namun, masih ada masyarakat yang belum memiliki sambungan rumah sendiri karena kekurangmampuan secara individu untuk mendapatkan sambungan rumah sendiri. “Karena itu, Pemprov Banten sejak tahun 2003 silam meluncurkan Program Bantuan Listrik Desa,” katanya.

Baca Juga:  PSBB Diperpanjang, Gubernur Banten: Target Kita Adalah Masyarakat Banten Sadar Protokol Kesehatan

Penerima Bantuan Lisdes dari Kampung Cijahi Desa Curug Bitung Kec. Curug Bitung Kab. Lebak, Eti mengaku berbahagia atas bantuan tersebut. “Bahagia karena memiliki listrik sendiri,” katanya.

Sebelumnya, rumahnya mendapatkan layanan listrik dengan cara menyambung listrik dari tetangga. “Adanya listrik ini, saya berharap bisa membawa kehidupan kami lebih baik lagi,” harapnya.(js)