Dilantik, Mabiran dan Kwarran Baros Diminta Susun Program yang Rasional

oleh -240 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Baros periode 2022-2025. Pelantikan dilakukan lantaran kepengurusan lama sudah habis masa baktinya.

Pada kesempatan tersebut, Pandji menyampaikan dua hal yakni mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama atas pengabdiannya, dan kepada pengurus baru dia berharap bisa meningkatkan kinerja yang sudah dicapai oleh kepengurusan yang lama.

“Yang kedua Mabiran maupun Pengurus Kwarran Baros harus menyusun program kerja, yang kemudian di diskusikan program kerjanya yang rasional bisa dilaksanakan selama 5 tahun kedepan,”kata Pandji usai pelantikan di salah satu rumah makan di Curug Kota Serang pada Jum’at, 4 November 2022.

Baca Juga:  Hadiri Knowledge Sharing The Future of Public Administration, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti: Menjadi Inspirasi

Disamping itu Wakil Bupati Serang ini juga mengintruksikan agar pelatihan gerakan pramuka segera dilakukan yakni dengan menggelar LT (Lomba Tingkat) semaksimal mungkin. “LT harus sering di adakan,”tegas Pandji.

Pandji mengungkapkan, bahwa mengingat Kader Pramuka adalah sebuah pelatihan karakter, pelatihan di siplin, dan pelatihan sportivitas. “Karakter itu di dapatkannya bukan di sekolah akan tetapi di latih. Kalau tidak biasa di latih untuk di siplin, tidak biasa belajar, seperti TNI bisa disiplin karena di latih,”tandasnya.

“Nah Gerakan Pramuka itulah yang model pelatihannya untuk membina karakter yang bagus, disiplin, sportif, kerjasama yang bagus mandiri itu di latih di Gerakan Pramuka,”tambah Pandji.

Baca Juga:  Libur Lebaran 2024, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Anyer-Cinangka

Dengan demikian, sambung Pandji, akan lahir generasi muda yang berkualitas. Nantinya ilmu pengetahuannya akan memadai karakter dan kepribadiannya yang bagus.

“Tadi saya katakan banyak orang pintar, tapi tidak di dukung oleh kepribadian yang bagus dan karakter yang bagus. Karakter kepribadian bagus itu di peroleh dengan bisa melalui pendidikan agama, bisa melalui gerakan Pramuka. Tapi yang pasti model seperti itu didapat dengan pelatihan makanya perbanyaklah pelatihan, pelatihan karakter maupun karakter kepribadian,”ajak Pandji.

Mabiran Kecamatan Baros, Yayu Sri Basukiwati mengaku akan bertangungjawab dengan melaksanakan tugas sebagai Mabiran Baros dan akan merapatkan barisan membuat program kerja terkait kegiatan pramuka kedepannya.

Baca Juga:  IPM di Kabupaten Serang Terus Alami Peningkatan

“Melalui pembentukan karakter perlu dilakukan pelatihan karakter supaya generasi muda mempunyai rasa tanggung jawab dan di siplin yang tinggi,”ujarnya.

Disisi lain, Yayu menargetkan dengan menyosialisasikan Gerakan Pramuka akan merangkul semua lini yakni bukan hanya sekolah-sekolah negeri. Namun karena di Kecamatan Baros banyak pondok pesantren, sekolah islam, sekolah madrasah maka pihaknya akan merangkul semua agar masuk gerakan pramuka.

“Dengan masuk gerakan pramuka maka di awali disiplin dan pembentukan karakter semuanya bisa bagus,”ucap Yayu.(js)