Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai

oleh -344 Dilihat
oleh

PILARBANTEN.COM  – Pada hari Kamis, 30 November 2023 telah diselenggarakan kegiatan “Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai” di Hotel Le Semar Serang. Acara ini dihadiri oleh tokoh Ulama Banten K.H Embay Mulya Syarief Selaku Ketua PB Mathlaul Anwar dan K.H Matin Syarkowi selaku Tokoh NU Banten

Dialog ini menjadi forum yang sangat berharga dalam mendiskusikan isu-isu kebangsaan, politik identitas, dan persiapan pemilu yang akan datang. Para peserta, secara tuntas membahas bagaimana melestarikan keberagaman dan persatuan dalam konteks politik.

Salah satu sorotan utama acara ini adalah kehadiran tokoh Ulama Banten, K.H Embay Mulya Syarief, dan K.H Matin Syarkowi yang memberikan pandangan berharga mengenai pentingnya memelihara persatuan dalam kerangka identitas politik yang beragam. Keduanya menyampaikan pesan perdamaian dan pentingnya menjaga proses pemilu sebagai momen yang mendukung keberagaman.

Baca Juga:  Lepas 206 Jamaah Calon Haji, Begini Pesan Wabup Serang

Muhamad zidan nugraha selaku sekjend pmpi prov banten mengatakan
“Kedudukan pancasila begitu strategis sebagai dasar negara pemersatu bangsa maka dari itu pancasila harus senantiasa di pertahan oleh para generasi muda melalu revitalisasi dan aktualisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara , dan pemilu ini hanya semangat ajang 5 tahun sekali , maka dari itu hindari perpecahan antar sesama masyarakat dan bisa menghadirkan pemilu yang aman damai dan bermartabat.

Baca Juga:  Ekspor Banten Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2021

Puncak acara adalah deklarasi bersama yang diumumkan oleh para peserta, termasuk tokoh ulama, untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang damai, berintegritas, dan mencerminkan semangat kebangsaan. Keberadaan tokoh ulama dalam acara ini memberikan tambahan nilai spiritual dan etika dalam mendukung proses demokrasi.adapun isi deklarasi.

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, Kami Komponen Masyarakat yang terdiri dari berbagai komponen unsur ulama dan pemuda provinsi banten mendeklarasikan :

1. Akan melaksanakan Pemilu ditahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.
2. Menolak Upaya yang dapat menimbulkan perpecahan dimasyrakat dan menghindari kegiatan yang provokatif dan menghasut ujaran kebencian serta menggunakan isu sara dalam pelaksaan pemilu 2024
3. Menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di provinsi banten.
4. Akan menjaga pemilu dari polarisasi yang bisa mengakibatkan perepecahan ditengah Masyarakat Provinsi banten
Kamis, 30 November 2023

Baca Juga:  Masyarakat Jiput Geram, Desak Bupati Irna Tangani Timbunan Sampah

Semoga hasil dari dialog ini dapat memperkuat persatuan, meredakan ketegangan politik, dan memberikan contoh positif dalam menjalani proses pemilu yang adil dan damai.(gaz)