Pilar Banten
Delapan Kecamatan di Lebak Diterjang Banjir, Ini Kerugiannya

Delapan Kecamatan di Lebak Diterjang Banjir, Ini Kerugiannya

Lebak, – Sejumlah wilayan di Kabupaten Lebak diterjang bencana, Selasa (23/11). Akibatnya sejumlah rumah dan kendaraan roda dua mengalami kerusakan yang menimbulkan kerugian bersifat materi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Kabupaten Lebak, kejadian bencana di Kabupaten Lebak menerjang 8 kecamatan. Sedikitnya 6 rumah rusak ringan, 3 rumah rusak berat, dan 35 rumah terendam banjir.

Adapun rincian bencana di Kabupaten Lebak terdiri atas, di Kampung Cibungur, Desa Cibungur, Kecamatan Cigemblong terjadi tanah longsor. Mengakibatkan 1 unit rumah rusak ringan dibagian dapur.

Di Kampung Cidadap, Desa Gubugan Cibeureum, Kecamatan Maja terjadi longsor dan luapan air sungai. Mengakibatkan satu rumah rusak ringan.

Kemudian, di Kampung Tanah Beureum, Desa Keboncau, Kecamatan Bojong Manik terjadi angin puting beliung. Mengakibatkan 1 unit rumah rusak berat dan 1 unit motor rusak. Kerugian materi ditaksir sebesar Rp. 15 juta.

Di Kampung Gintung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Panggarangan terjadi longsor. Mengakibatkan 1 unit rumah rusak berat dan 3 unit rusak ringan. Kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta.

Di Kampung Karanganyar, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam terjadi banjir setinggi 30 sampai dengan 60 cm. Mengakibatkan 28 rumah terendam banjir.

Di Kampung Hambur, Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur berupa pohon tumbang yang mengakibatkan 1 unit rumah rusak ringan. Kerugian materi ditaksir sebesar Rp 50 juta.

Bencana berikutnya di Kecamatan Cihara berupa banjir/genangan air akibat meluapnya Sungai Citaritih. Mengakibatkan 7 unit rumah terendam di Kampung Citaritih. Lalu, pohon tumbang mengakibatkan 1 unit rumah rusak berat di Kampung Cipunaga, Desa Cihara. Kerugian materi terdampak di taksir Rp 10 juta dan tertimpa pohon tumbang ditaksir Rp 25 juta.

“(Di) Kecamatan Cibeber terjadi ongsor menutup badan jalan ruas Warung Banten, Cibeber (samping kantor kecamatan), dan longsor memutus jalan poros desa akses ke SD 1 Kujangsari. Mengakibatkan kerusakan infrastruktur,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa (23/11).

Atas kejadin tersebut, BPBD Kabupaten Lebak telah berupaya mendatangi lokasi dan melakukan pendataan. BPBD telah menyalurkan bantuan logistik untuk korban di wilayah yang terdampak.

“Kondisi saat ini di wilayah yang terdampak tanah longsor dan rumah roboh dilakukan pembersihan puing-puing sisa bangunan. Untum longsor di ruas jalan Warung Banten, Cibeber telah ditangani oleh alat berat dari Dinas PU (PUPR) Provinsi (Banten)” pungkasnya. (Tis).

Tinggalkan Balasan