Pilar Banten

Dana bantuan korban tsunami Pandeglang capai Rp5,6 miliar

Dana bantuan korban tsunami Pandeglang capai Rp5,6 miliar

Pandeglang – Dana bantuan korban tsunami Pandeglang mencapai Rp5,6 miliar yang masuk ke kas pemerintah kabupaten Pandeglang. Dana bantuan tersebut diproyeksikan untuk pembangunan Hunian Sementar (Huntara) bagi korban tsunami.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Ramadani mengatakan sekitar Rp2,6 miliar sudah terpakai untuk pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi para korban yang berlokasi di Kecamatan Carita dan Kecamatan Labuan, sedangkan sisa Rp3 miliar sisanya masih berada di kas daerah.

“Yang sudah terpakai Rp2,6 jadi masih ada saldo Rp3 Miliar, untuk pembanguan Huntara di Cibenda Kecamatan Carita sama di Labuan. Sisanya juga untuk Huntara yang di Mekarsari juga belum kita bangun baru land clearing sama PU,” kata Ramdani saat dikonfirmasi, Rabu (6/3).

Ramdani menuturkan keuangan yang masih tersisa di kas daerah saat ini masih belum cukup untuk membangun Huntara bagi seluruh korban tsunami di Pandeglang. Ia memperkirakan dana sebesar Rp3 miliar hanya cukup untuk membangun sebanyak 200 Huntara.

“Ya engga, 1 huntara aja Rp14 juta ya kalau Rp3 miliar paling cuman 200 huntara berarti masih sisa banyak yang belum kebangun,” tuturnya.

Dari tujuh titik lokasi yang akan dibangun Huntara, lokasi di Mekarsari Kecamatan Panimbang adalah lokasi yang paling banyak dibangun Huntara. Oleh karena itu, ia berharap pembangunan Hunian Tetap (Huntap) juga masih menggunakan lokasi yang sama.

Untuk lokasi Huntara di Mekarsari Pemda Pandeglang membuka dan membangun fasilitas umum baru, sehingga, kata Ramdani, sangat disayangkan jika tidak digunakan juga untuk lokasi pembangunan Huntap.

“Kami berharap yang di Mekarsari Panimbang Huntapnya itu disitu, jadi huntaranya disitu Huntapnya juga dibangun disitu biar manfaat juga karena di Mekarsari itu kami benar-benar buka lahan baru sarana air bersih, musola dan MCK komunal,” paparnya.(anwar/teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: