Pilar Banten

Dampak Kekeringan, 8.044 Ribu Hektar Sawah di Pandeglang Terancam Gagal Panen

Dampak Kekeringan, 8.044 Ribu Hektar Sawah di Pandeglang Terancam Gagal Panen

Serang – Bencana kekeringan melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) mencatat seluas 8.044 hektar sawah terancam gagal panen di 20 kecamatan Kabupaten Pandeglang.

Kepala Distanak Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan ribuan hektar sawah tersebut terancam gagal panen akibat kekeringan yang menyebabkan debit air jaringan irigasi menurun.

Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi pada tanggal 30 Juni 2019. Ke-20 kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Sumur, cimanggu, cibaliung, Cibitung, Cikeusik, cigeulis, Panimbang, Sobang, Munjul, Angsana, Sindangresmi, Picung, Bojong, Saketi, Cisata, Pagelaran, Patia, Sukaresmi, Carita dan Mandalawangi.

“Wilayah yg mengalami kekeringan di Pandeglang. Data sampai 30 Juni 2019 dari POPT total 8.044 hektar dari 20 kecamatan,” kata Budi saat dikonfirmasi, Selasa (2/7).

Untuk mengantisipasi terjadi gagal panen, Budi menyampaikan pihaknya telah melakukan beberapa langka-langka antisipasi, diantaranya menyiapkan pompa serta embung air yg ada di tiap-tiap desa.

“Bagi lokasi-lokasi yang sumber airnya tidak ada, dianjurkan para petani melakukan penggantian pola tanam atau komoditas dengan tanaman yang relatif sedikit kebutuhan airnya diantaranya jagung atau palawija,” katanya.(anwar/teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *