Pilar Banten

Cegah Kemacetan Saat Arus Mudik, Truk Akan Dialihkan Nyebrang di Pelabuhan Bojonegara

Cegah Kemacetan Saat Arus Mudik, Truk Akan Dialihkan Nyebrang di Pelabuhan Bojonegara

Serang – Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menyatakan guna mencegah kemacetan saat arus mudik mendatang, pihaknya bakal mengalihkan kendaraan truk menyeberang ke Sumatera melewati Pelabuhan Bojonegara. Sehingga tidak melintas melalui Pelabuhan Merak.

Pemberlakuan aturan ini akan dimulai pada tanggal 29 Mei hingga 2 Juni 2019 mendatang.

“Pada puncak arus mudik kita akan geser kendaran truk ke Pelabuhan Bojonegara kita sudah sepakati bersama dengan Pemerintah Provinsi Banten,” kata Kapolda Banten setelah memimpin rakor eksternal dalam rangka persiapan operasi ketupat 2019 di Mapolda Banten, Senin (20/5).

Saat ini pihaknya tengah melakukan kordinasi dengan PT BBJ selaku pengelola pelabuhan Bojonegara terkait kesiapan kapal, parkiran serta keamanan di pelabuhan tersebut.

“kita akan kordinasi di lapangan baik dengan kapal, parkiran dan keamanan pelabuhan,” katanya.

Antisipasi Kemacetan di Titik Pasar Tumpah

Selain kendaraan truk muatan, ditempat yang sama Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo mengatakan, keberadaan pasar tumpah pun luput jadi perhatian Polda Banten untuk mencegah kemacetan pada saat arus mudik. Pihaknya telah mengidentifikasi 5 pasar tumpah di jalan nasional dari Tangerang menuju Pelabuhan Merak.

“Permasaahnnya sama penggunaan bahu jalan untuk parkir dan jualan sehingga yang tadinya lebar jalan 8 meter terjadi penyempitan,” katanya.

Wibowo menyanpaikan keberadaan pasar tersebut sangat berpengaruh terhadap lalu lintas arus mudik. Jika tidak diantisipasi akan terjadi kepadatan dan kemacetan di jalan utama.

“Disepanjang jalan arteri kita akan barikade dan buat pengamanan juga memberikan himbauan kepada pedagang dan masyarakat yang mau belanja. Lalu kita akan melibatkan aparatur desa,” katanya.(anwar/teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *