Bupati Serang Ajak Warga Saling Mengingatkan Bahaya Narkoba

oleh -117 Dilihat
oleh

Pilarbanten.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk saling mengingatkan serta saling menjaga agar tidak terjerumus akan bahayanya narkoba. Karena menurutnya, narkotik bukan hanya menyasar kalangan para pelajar dan masyarakat, melainkan kesemua sendi termasuk aparat pemerintahan.

 

“Kita terus saling mengingatkan bahayanya narkoba, harus terus saling mengingatkan, saling menjaga karena dari dampak (narkoba) itu sangat luar biasa,”kata Tatu usai Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 tingkat Kabupaten Serang di Lapangan Tenis Indoor Kabupaten Serang pada Jum’at, 28 Juni 2024.

 

Tatu mengatakan peringatan hari anti narkotika ini tentunya harus adanya komitmen bukan hanya di jajaran Pemkab Serang. Akan tetapi, semua stakeholder agar turun ke masyarakat untuk saling mengingatkan terhadap generasi muda akan bahaya narkoba itu seperti apa. “Bahaya narkoba bukan hanya terhadap fisik, juga terhadap mental, kemudian berikutnya terhadap persoalan sosial,”katanya.

Baca Juga:  Ngaruwat Bumi Kampung Seni Yudha Asri Tingkatkan Pariwisata di Kabupaten Serang

 

Kemudian, sambung Tatu bahwa menjadi tugas Pemda Serang dan unsur Forkopimda serta BNN untuk mengajak dan membentuk forum di masyarakat untuk menolak serta menjaga lingkungannya dari bahaya narkotik. Maka harus menyampaikan kepada anak-anak, siswa-siswa atau masyarakat dari bentuk-bentuk narkotika itu sendiri bagi yang belum tahu belum dan melihat.

 

“Jadi melibatkan tokoh masyarakat, alim ulama, kemudian tokoh pemuda. Nah ini bentuknya dalam kerja sama antara pemda, BNN dan Forkopimda. Narkoba akan menghancurkan semua kekuatan negara kita, kalau anak-anak kita di hancurkan, dihabiskan kedepan generasi penerus seperti apa,”ucapnya.

Baca Juga:  Pemprov Banten Mulai Pembangunan Empat Ruas Jalan di Lebak

Upaya tersebut, sebut Tatu, sebelumnya pun sudah dilakukan dengan merealisasikan program di sekolah-sekolah untuk dilombakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang. “Mungkin nanti akan kita libatkan lagi dinas pendidikan, dinas kesehatan, kominfo juga untuk menyebar luaskan sosialisasi ini,”tuturnya.

 

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna mengatakan sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah generasi muda ataupun masyarakat di Kabupaten Serang agar tidak terjerumus pada narkoba. Diantaranya melalui program sosialisasi ke sekolah-sekolah meski belum menyeluruh tetapi sudah dilakukan di SMAN Pamarayan, SMPN Pamarayan dan kedepannya akan tetap akan melakukan upaya-upaya sosialisasi.

 

“Kedua (dalam rangka HANI 2024) kita menyebarkan spanduk di semua kecamatan dan beberapa OPD untuk mengingatkan kepada masyarakat, kepada kita semuanya agar betul-betul tahu narkoba ini bahaya yang sangat luar biasa,”ujarnya.

Baca Juga:  Seba Baduy 2024, Sekda Kabupaten Serang Komitmen Jaga Kelestarian Alam

 

Peringatan HANI Tahun 2024 digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Brigjen Pol Rohmad Nursahid, Sekretaris Daerah (Sekda), Nanang Supriatna, para kepala OPD dan ratusan pegawai di lingkungan Pemkab Serang.

 

Diawali dengan senam bersama, pembacaan deklarasi anti narkotika dan pembagian doorprize. Pada Peringatan HANI Tahun 2024 dengan Tagline Serang Bersinar atau Serang Bersih Narkoba juga dilakukan pembagian bendera merah secara simbolis diserahkan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.(js)