Pilar Banten

BPBD Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah di Lebak

BPBD Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah di Lebak

Lebak – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menetapkan status tanggap darurat bencana pergerakan tanah di Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten.

Penetapan tanggap darurat itu berlangsung selama dua bulan dan mulai terhitung 6 Mei hingga berakhir sampai 4 Juli 2019. selama masa tanggap darurat korban pergerakan tanah tinggal di tenda pengungsian.

Data BPBD ada 118 rumah terdampak dengan 44 rumah di antaranya mengalami kerusakan berat serta 22 rumah kerusakan ringan, termasuk musala dan 36 unit rumah roboh.

“Dalam rangka persiapan evakuasi masyarakat secara maksimal kemudian persiapan selanjutnya dalam rangka memberikan kebutuhan dasar sesuai arahan Bupati,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawai kepada wartawan, Jumat (17/5).

Penetapan status tanggap darurat bencana tersebut berdasarkan hasil rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan curah hujan yang tinggi sehingga dipastikan rumah roboh akan terus bertambah.

“Kita sudah bekerjasama dengan badan Geologi Bandung melakukan penelitian, hasilnya tanah tersebut tidak layak dihuni,” katanya.

Pemda Lebak Akan Segera Merelokasi

Selama masa tanggap darurat, Pemerintah Kabupaten Lebak akan memaksimalkan upaya percepatan relokasi bagi 115 Kepala Keluarga (KK) korban pergeseran tanah. Menentukam lahan aman untuk lokasi relokasi.

“Kita bekerjasama juga dan badan Geologi untuk menentukan wilayah lahan yang sudah disediakan Pemda minimal aman,” katanya.

Namun, ada beberapa warga korban bencana pergerakan tanah yang enggan direlokasi dan memilih untuk tetap tinggal di wilayah tersebut. Dan siap memberikan bantuan kerugian material banguna.

“Pemerintah menghimbau kan ada beberapa masyarakat yang enggan direlokasi. Tapi minimal mereka menggunakan bangunan yang tahan gempa dan kaidah kontruksi bagus sederhananya menggunakan rumah panggung,” katanya.(anwar/teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: