BPBD Kabupaten Serang Lakukan Penanganan Kecamatan Terdampak Banjir

oleh -186 Dilihat
oleh
Penanganan Banjir Serang

Serang, Pilarbanten.com – Tingginya curah hujan mengakibatkan 12 desa di 8 kecamatan se Kabupaten Serang kebanjiran. Kedelapan Kecamatan itu yakni, Padarincang, Gunungsari, Ciomas, Waringin Kurung, Kramatwatu, Kragilan, Cinangka, dan Kecamatan Ciruas.

Anggota Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Serang Jhonny E Wangga mengatakan, banjir yang terjadi di delapan kecamatan merupakan data sementara pertanggal 01 Maret 2022 pukul 10:30 WIB.

Sejak Sabtu hingga Selasa Februari 2022 di wilayah Kabupaten Serang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, disertai angin kencang yang mengakibatkan dibeberapa wilayah khususnya di Kabupaten Serang mengalami banjir dampak dari cuaca Ekstrim yang terjadi.

Baca Juga:  Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP

Akibatnya, sebut Jhonny, terdiri dari 8 kecamatan 12 Desa meliputi Kecamatan Padarincang, Gunungsari, Ciomas, Waringin Kurung, Kramatwatu, Kragilan, Cinangka, dan Kecamatan Ciruas terdampak banjir.

“Bangunan terdampak banjir itu antara lain fasilitas pendidikan masih proses assessment, fasilitas kesehatan, fasilitas pemerintahan, dan fasilitas ibadah. Untuk pengungsi juga semua masih proses assessment,”ujar Jhonny.

Jhonny juga menyebutkan, pihaknya melakukan upaya penanganan dengan melakukan koordinasi dengan seluruh dinas/instansi/lembaga terkait, koordinasi dengan Pos Damkar Kecamatan beserta TRC dan Relawan yang menangani ditempat kejadian, melaksanakan kegiatan rutin peringatan dini, pelaporan dan administrasi. “Melaksanakan pemantauan serta informasi melalui situs terkait seperti BNPB, BPBD Provinsi Banten dan BMKG,”papar Jhonny.

Baca Juga:  Batik Khas Kabupaten Serang Diluncurkan

Kemudian, tambah Jhonny, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Tagana, Dinas Sosial Kabupaten Serang, ORARI, RAPI, PMI Kabupaten Serang, Pramuka Peduli Kabupaten Serang, dan dengan Dinas/Instansi Terkait kebencanaan melalui via WA/Telpon.

“Kami juga melakukan pengendalian dan pengoperasian petugas Piket Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang, melakukan bantuan Evakuasi ke wilayah terdampak Bencana Banjir,”jelas Jhonny.

Baca Juga:  PMI Kabupaten Serang Lebarkan Penguatan Relawan hingga Tingkat RT/RW

“Sedangkan hasil tinjauan di lapangan kondisi masih hujan sedang hingga lebat, terpantau sudah ada warga yang bersiap mengungsi, akses menuju beberapa titik terputus akibat banjir di Kota Serang, listrik sedang pemadaman darurat, dan tinggi muka air rata-rata 30-50 cm,”tambah Jhonny.(js)