Pilar Banten

BI Lirik Potensi UMKM dan Pariwisata Banten

BI Lirik Potensi UMKM dan Pariwisata Banten

Serang – Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten melirik potensi Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) dan Pariwisata yang berkembang di Provinsi Banten. Kedua sektor tersebut dinilai sangat potensial dikembangkan untuk menekan laju inflasi di daerah.
Hal tersebut dikatakan deputi Gubernur BI Dodi Budi Waluyo saat memberi sambutan Sertijab Kepala Kantor BI Perwakilan Banten, Jumat (9/8/2019).
Secara nasional, lanjut Dodi, laju inflasi di Provinsi Banten cukup bagus berada di angka 5 persen.
Saat ini laju inflasi secara nasional banyak disokong dari sektor pangan. Hampir 70 persen. Dan 80 persennya itu berasal dari daerah.
Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu Pak Jusuf Kala, Wakil Presiden, meminta agar sektor pangan ini digenjot kembali supaya kita bisa bersikari dan angka inflasi bisa ditekan.
“Ini faktor klasik. Tapi jika tidak ditangani dengan serius akan berakibat fatal,” katanya.
Hal serupa juga dikatakan Kepala Kantor BI Provinsi Banten yang baru, Erwin Soeriadimadja. Erwin berkata, kalau dirinya akan bekerja keras dalam upaya meningkatkan peran UMKM dan Pariwisata yang ada di Provinsi Banten ini. UMKM harus mampu menyokong PAD Daerah dan mengikuti perkembangan jaman yang semakin canggih.
“Sistem UMKM kita pemasarannya harus sudah masuk ke e-commer. Kalau tidak, bisa ketinggalan kita,” ujarnya.
Di sektor Pariwisata Erwin menginginkan sektor Pariwisata kita mampu bersaing dengan daerah-daerah lain. Karena sektor ini sangat potensial untuk dikembangkan.
Dalam kesempatan yang sama Gubernur Banten Wahidin Halim mengajak BI untuk bersama-sama mendongkrak sektor pariwisata di Banten. Sektor yang menjadi primadona ini beberapa tahun terakhir tengah dilanda bencana alam.
“Harapan saya BI bisa bekerjasmama dalam upaya pemulihan sektor pariwisata ini. Sebab, jika sektor ini audah stabil, maka laju inflasi di Banten bisa ditekan,” harapnya. (Al/Teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *