Banten Akan Dapat 8,1 Juta Vaksin COVID-19 Dari Pusat

Banten Akan Dapat 8,1 Juta Vaksin COVID-19 Dari Pusat

Serang, Pilarbanten.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti memastikan Banten mendapatkan jatah sebanyak 8.131.798 juta vaksin virus corona atau COVID-19 dari pemerintah pusat.

Vaksin tersebut rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai Desember 2020.

Disampaikan Ati, untuk tahap pertama pada bulan Desember 2020 sebanyak 63.536 warga Banten yang akan disuntik vaksin. Sasaran utama pada tahap pertama vaksin pada Desember mendatang lebih diperuntukkan untuk tenaga kesehatan, TNI, Polri dan Satpol PP.

“Untuk tahap pertama di Desember sasaran dimana 45.829 merupakan tenaga kesehatan dan 17.088 adalah anggita TNI, Polri dan Satpol PP yang ada di garda terdepan penanganan COVID-19. Tahap satu itu,” kata Ati, Jumat (23/10/2020).

Untuk sasaran vaksinasi tahap kedua, lanjut Ati, direncanakan akan dilakukan pada Februari 2021. Dimana prioritas utama sasaran vaksin adalah aparatur pemerintahan di daerah, anggota legislatif, tokoh agama, perangkat kecamatan, kelurahan/desa hingga RT/RW.

“Untuk tahap selanjutnya akan disalurkan untuk tenaga pendidik mulai dari tenaga pendidik di tingkat PAUD hingga universitas. Selanjutnya untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran)  BPJS dan masyarakat dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun,” ujarnya.

Ati mengungkapkan, untuk masyarakat usia 60 tahun ke atas diharapkan untuk bersabar. Hal itu lantaran, diperlukan komposisi khusus dalam pembuatan vaksin. “Begitu juga untuk (masyarakat) di bawah usia 18 tahun vaksinnya belum ada,” katanya.(War/Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: