Pilar Banten

Anak Dan Suami Bupati Pandeglang Juga Lolos Ke Senayan

Anak Dan Suami Bupati Pandeglang Juga  Lolos Ke Senayan

Pandegkang – Putera dan suami Bupati Pandeglang Irna Narulita, Rizki Aulia Rahman Natakusumah dan Dimyati Natakusumah melenggang ke Senayan, Jakarta. Kedunya sama-sama berhasil lolos dari Dapil Banten I meliputi Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Rizki berhasil lolos melalui partai Demokrat dengan perolehan 56.123 suara. Sedangkan Ayahnya Dimyati melenggang melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan berhasil meraih 67.150 suara. 

Sebanyak 22 Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Provinsi Banten berhasil melenggang ke Senayan. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara PDIP mendapatkan 5 Kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 3 kursi, PKS 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PAN 2 kursi, PPP dan PKB masing-masing 1 kursi.

Rizki berhasil mengalahkan seniornya di Partai Demokrat Vivi Sumantri Jayabaya. Kekalahan Vivi menunjukan keunggulan klan dinasti Natakusumah atas klan dinasti politik Jayabaya di Dapil Banten I. Klan Jayabaya hanya berhasil meloloskan satu anggota keluarganya yakni Hasbi Asyidiqi Jayabaya yang maju dari PDIP dengan 40.181 suara.

klan Natakusumah yang menguasai Pandeglang dan klan Jayabaya yang punya basis kuat di Lebak.

Natakusumah diambil dari nama belakang suami Irna Narulita yakni Dimyati Natakusumah yang juga mantan Bupati Pandeglang dua periode.

Kemudian nama belakang Jayabaya di Banten merujuk pada mantan Bupati Lebak 10 tahun Mulyadi Jayabaya. Nama ini juga melekat dianaknya yang menjabat sebagai Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Sedangkan sisa 3 kursi didapat Ali Zamroni dari Partai Gerindra dengan 56.792 suara, Adde Rosi Khoerunnisa dari Golkar dengan 72. 461 suara, dan Iip Miftahul Khoiri dari PPP dengan 49.993 suara.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino mengatakan daerah pemilihan Banten I merupakan arena pertaturan dua klan dinasti kecil di Banten antara klan Jayabaya dan klan Natakusumah. Dimana disetiap daerah memiliki elit lokal masing-masing.

“Sehingga kita kalau mau lihat ada keterbelahan dua suara kekuatan besar yang bercokol di 2 kekuatan tadi,” kata Leo kepada wartawan, Selasa (14/5).

Lanjut Leo, variabel dinasti di level lokal Natakusumah dan keluarganya. Jayabaya dan keluarganya dimasing-masing daerahnya terus membangun jaringan-jaringan mulai dari keluarga dan ulama.

“Memang jaringan keluaraga dan ulama mereka manfaatkan sedemikian rupa supaya keluarga mereka tetap berdiri,” katanya.

Untuk diketahui, Pada Pemilu 2019 ini pun Dimyati mencalonkan kedua anak perempuannya, Rizka Amalia R Natakusumah juga maju di dapil sama dari partai Nasdem dan Risya Azzahra Rahimah Natakusumah bertarung di dapil Banten II meliputi Serang Raya-Cilegon dari partai Nasdem.

Namun keduanya gagal lolos ke Senayan karena kalah bersaing dengan calon lain. Rizka hanya berhasil mendapatkan 50.934 suara dan Risya memperoleh 14.886 suara.(anwar/teguh)

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: