Monday, 31 August 2015 21:22

Pemkot Tangsel Terapkan Parkir Meter Untuk Kendaraan

Rate this item
(0 votes)

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tengerang Selatan (Tangsel) menerapkan sistem layanan parkir kendaraan bermotor khusus di luar gedung (On Street) dengan menggunakan sistem layanan Parkir Meter berbasis terknologi modern. Hal itu itu bertujuan memperbaiki dan meningkatkan system pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davni mengatakan, Bahwa saat ini Tangsel telah masuk dalam kategori 96 daerah cerdas di Indonesia (Smart City). Kategori ini tentunya menuntut kepada setiap Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bisa terus berinovasi memperbaiki dan meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat.

"Pemkot Tangsel kini secara bertahap mencoba mengubah kebijakan sistem layanan parkir kendaraan bermotor khusus di luar gedung (On Street) dengan menggunakan sistem layanan Parkir Meter. Pada tahap awal uji coba sistem layanan parkir meter yang berbasis teknologi modern ini dilakukan di lokasi representatif," katanya, senin (31/8).

Ia mengungkapkan,guna merealisasikan sistem layanan Parkir Meter ini, Pemkot Tangsel melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat bekerjasama dengan pihak swasta yakni PT Pan Satria Sakti.”Untuk juru parkirnya kami libatkan dari unsur masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan,sebagai proyek percontohan pengelolaan lahan parkir dengan menggunakan parkir meter adalah dikawasan lahan parkir kendaraan luar gedung (on street) teras Kota BSD City. Proyek ini kata dia terbilang sukses, para juru parkir yang sebelumnya tanpa payung hukum tersebut kini sudah resmi menjadi pegawai tetap diperusahaan yang menaunginya dengan gaji Rp2,5 juta untuk tiga bulan pertama masa kerja, dan selanjutnya akan menjadi 2,7 juta perbulan.

“Di Teras Kota BSD City ini ada 33 orang pegawai yang dipekerjakan, semuanya notabene warga Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel. Mereka sebelumnya mengelola lahan parkir di lingkungan tempat mereka tinggal,” katanya.

Direktur PT. Pan Satria Sakti, Tofik Aviliano, dengan diberlakukannya sistem layanan Parkir Meter ini banyak hal positif yang dirasakan untuk Pemkot Tangsel dan juga masyarakat sekitar.”Pengelolaan lahan parkir dengan sistem parkir meter ini bertujuan untuk mencapai target PAD Tangsel dan mewujudkan Tangsel ini menjadi kota yang Smart City,  selain itu juga untuk memberikan lapangan kerja bagi para warga masyarakat di sekitar, seperti di daerah Teras Kota semua pegawainya dari daerah Lengkong,” jelasnya.

Pembina Lingkungan sekitar yang juga Anggota Yonkav  Sembilan Cobra, Serka Sutardi mengaku pihaknya mendukung program tersebut. Karena program ini ternyata telah ikut meningkatkan kesejahteraan warga setempat. “Dulunya pengelolaan parkir di sini adalah para pemuda yang tinggalnya tidak jauh dari sini, tidak ada badan hukum yang menaungi, sekarang mereka semua direkrut dan diberdayakan, perparkiran jadi lebih teratur, mereka jadi punya penghasilan tetap,” ujar Sutardi.

Sutardi menambahkan, kehadirannya ditengah-tengah masyarakat itu juga dalam rangka manjalankan bimbingan teritorial terbatas (bintertas), maksudnya selain menjadi pembimbing masyarakat juga sedang menjalankan tugas.

“Keberadaannya di tengah-tengah masyarakat adalah dalam rangka manunggal dengan rakyat, perlu diketahui bahwa setiap anggota TNI memang harus manunggal dengan rakyat artinya menyatu dengan masyarakat, jadi tidak ada maksud lain,” tambahnya.(Agung/sidik)

Read 186 times Last modified on Tuesday, 01 September 2015 07:14