Wednesday, 04 July 2018 01:59

Jokowi Akan Umumkan Cawapres 15 Juli Mendatang

Rate this item
(0 votes)
Jokowi (Foto: Merdeka. Com) Jokowi (Foto: Merdeka. Com)

Jakarta - Jokowi dalam waktu dekat berencana mengumunkan nama calon wakil presiden yang akan mendampingi dalam pemilihan presiden 2019. Rencana ini disampaikan Ketua Umum PPP Muhammad  Romahurmuziy.  Bahkan menurut  Romahurmuziy calon wakil presiden pendamping Joko Widodo itu bakal diumumkan 15 Juli mendatang.

Politikus yang akrab disapa Romi itu mengatakan, keputusan untuk menentukan calon wakil presiden pendamping Joko Widodo harus dipercepat karena batas waktu pendaftaran tinggal satu bulan lagi. "Sebelum tanggal 15 Juli nanti akan ada pernyataan dari bapak Jokowi terkait cawapres," ujarnya di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.

Romi menambahkan, saat ini sudah ada 10 nama calon yang akan mendampingi Jokowi. Namun untuk menentukan satu nama perlu ada pembahasan lebih lanjut. Untuk itu dalam waktu dekat Jokowi akan bertemu dengan para ketua umum partai pendukungnya.  

Romi tidak bersedia menyebut 10 nama yang masuk daftar calon pendamping Jokowi itu. Dia mengatakan, 10 nama calon itu memiliki beragam latar belakang. “Ada yang purnawirawan TNI, politikus, tokoh masyarakat, hingga cendikiawan,” katanya.

Romi menjelaskan, 10 nama yang dicalonkan itu memiliki kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Salah satunya yang paling penting adalah, calon harus bisa dan mempunyai pengalaman bekerja sama dengan Joko Widodo.

Secara pribadi, kata Romi, ia berharap Jokowi memilih cawapres dari kader PPP. Pilihan ini semata untuk meneruskan tradisi kepemimpinan presiden dan wakilnya dari kombinasi nasionalis dan relegius.(anwar/tempo.co)

Read 265 times