Friday, 28 August 2015 18:07

10 Pokok Pikiran ADPSI Dibahas di Rakernas

Rate this item
(0 votes)

Lampung - Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Ballroom Hotel The 7 Bandar Lampung Provinsi Lampung.

Rakernas ADPSI yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni Rabu-Jumat (26-27/8/2015) tersebut membahas permasalahan sepuluh pokok-pokok pikiran ADPSI dengan meliputi, belum terlaksananya rapat koordinasi di masing-masing Korwil, Pendalaman tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Biaya harian, Perjalanan dinas keluar provinsi, Biaya reses.

Kemudian tambahan penghasilan, Anggota DPRD yang mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah, Usulan Perubahan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Revisi Undang-Undang Pembentukan Daerah Otonomi, Peraturan Pemerintah tentang Tata Beracara Badan Kehormatan, dan Kepastian Hukum Daerah berciri Kepulauan.

Ketua ADPSI, Asep Rahmatullah mengatakan, permasalahan pokok-pokok pikiran ADPSI yang dibahas dalam Rakernas tersebut sudah tertuang dalam program kerja ADPSI tahun 2015. "Program ADPSI tahun 2015 ini, seluruhnya ada sembilan program kerja, dan empat diantaranya sudah dilaksanakan, antara lain rapat koordinasi Forum Komunikasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia, dan Rakenas," kata Asep di sela-sela kegiatan berlangsung.

Untuk menindaklanjuti hasil Rakernas ADPSI, lanjutnya, akan dibahas kembali pada pembahas program kerja yang lain yaitu, Pelatihan tehnik penyusunan Peraturan Perundang-Undangan bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM; Pelatihan pengelolaan keuangan daerah bekerjasama Kemendagri, Kemenku, dan KPK, Pelatihan peningkatan kapasitas Sekretaris DPRD Provinsi;

Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Politik bekerjasama dengan Lemhanas, Kemendagri, Komisi II, dan Kementerian Hukum dan HAM; Pelatihan mengenai peningkatan wawasan kebangsaan bekerjasama dengan Kemendagri, Kembangpol, dan lembaga yang lain; Kunjungan Pimpinan dan Anggota ADPSI dan Sekretaris DPRD Provinsi ke luar negeri.

"Waktu dan tanggal pelaksanaan pembahasan program kerja yang lain disesuaikan dengan hasil pembahasan Rakernas ini, dan untuk lokasi kegiatannya akan dilaksankan di Banten. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena sudah mendukung kegiatan ADPSI," ucapnya sambil menutup pembicaraan. (Adv)

Read 173 times Last modified on Monday, 31 August 2015 15:43
More in this category: Tanto Segera Diganti »