Friday, 04 September 2015 22:17

Pemprov Temukan Enam Pulau Baru

Rate this item
(0 votes)

Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menemukan enam pulau baru di wilayah pemerintahan Provinsi Banten. Keenam pulau yang berada di Kabupaten Pandeglang itu adalah, Pulau Kalong, Panggatangan, Rengit, Karang Masjid,  Batu Quran dan Pulau Karang Copong Besar.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Siti Maani Nina mengatakan bahwa keenam pulau itu ditemukan berdasarkan asil pendataan ulang pulau di Provinsi Banten.

"Kembali menemukan enam pulau baru yang sebelumnya belum terdata. Selain itu, terdapat dua pulau yang dinyatakan hilang karena abrasi, dan tiga pulau yang menyatu," katanya.

Dengan demikian menurutnya, jumlah pulau yang terdata di Banten sebanyak 70 pulau. "Namun, karena ada tiga pulau yang menyatu dan dua mengalami abrasi, data terakhir pulau yang terdata sebanyak 65 pulau. Lima pulau dinyatakan bukan lagi pulau tersendiri karena tiga sudah menyatu dan dua hilang karena hantaman ombak dan abrasi," ujarnya.

Dilihat dari definisi pulau, kata Nina, dasar disebut sebagai pulau, yakni daratan yang dikelilingi air dan berada di atas air ketika pasang. "Dari devinisi itu akan terlihat manakala daratan atau batuan yang sudah menyatu tidak bisa disebut pulau kembali," katanya.

Misalnya pulau burung di Kabupaten Serang, lanjutnya, tidak bisa disebut pulau karena secara alami menyatu. "Sama dengan pulau yang tiga tahun lalu disebut pulau sekarang tidak lagi karena setelah terhantam ombak hanya terlihat bui ombak saja," katanya.

Secara detail 65 pulau, lanjutnya tersebar di Pandeglang sebanyak 34 pulau, Lebak 7 pulau, Kabupaten Serang 17, satu pulau di Kabupaten Tangerang, dan lima di Kota Cilegon.

Kata dia, setelah observasi secara langsung ke lapangan, pihaknya akan melakukan verifikasi ulang dengan data di masing-masing kabupaten kota. "Kemudian akan kita seminarkan bersama Kemendagri. Setelah itu baru ditetapkan," katanya.

Menurut Nina, pendataan dalam rangka pembakuan toponimi kepulauan. "Secara kongkrit kita lakukan observasi di lima kabupaten kota, minus kota Tangerang, Tangsel dan kota Serang," ujarnya.

Nina mengatakan, pendataan pulau sangat penting dilaksanakan dalam upaya menjadikan pulau sebagai salah satu potensi wisata di Banten. "Di pulau ini juga banyak potensi seperti ikan yang bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi," katanya.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Umum Biro Pemerintahan Provinsi Banten Nina Karmina menambahkan, penambahan pulau terdapat di Pandeglang, yakni pulau kalong, panggatangan, rengit, karang masjid. "Kalau yang menyatu itu pulau batu quran dan karang copong besar," jelasnya.

Menurutnya, kategori pulau ada dua, yakni yang berpenghuni dan tidak berpenghuni. Disebut berpenghuni karena pualu tersebut digunakan sebagai tempat pemukiman masyarakat.

Kata dia, dari 65 lima yang sekarang terdata, hanya dua pulau yang telah dihuni, yakni pulau tunda dan pulau panjang. "Kalau seperti umang tidak bisa disebut berpenghuni karena hanya sekdar tempat wisata dan bukan pemukiman," jelasnya. (Adv)

Read 201 times