Tuesday, 18 August 2015 19:55

Dekrnasada Harus Menjadi Pioner Pelestarian Kerajinan Banten

Rate this item
(0 votes)

Serang - Gubernur Banten Rano Karno  meminta kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten untuk melakukan berbagai upaya-upaya yang konsisten dan berkesinambungan dalam rangka menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya kerajinan Banten serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru.

"Perhatikan dan perjuangkan juga kepentingan pengrajin Banten dengan mendorong semangat kewirausahaan," kata Gubernur dalam acara pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten sisa masa bakti 2012-2017 di Pendopo Gubernur Banten KP3B Serang, Selasa (18/8/2015).

Dalam kesempatan ini Dewi Indriati Rano dilantik sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Banten sekaligus Ketua TP PKK Provinsi Banten oleh Erni Guntarti Tjahyo Kumolo sisa masa bakti 2012-2015.

Gubernur berharap agar organisasi Dekranasda ini kedepan dapat berperan aktif bersama-sama dengan seluruh SKPD dan pelaku usaha kerajinan melakukan pembinaan dan pengembangan industri kerajinan daerah. "Tingkatkan juga kualitas dan kreatifitas perajin Banten dalam meningkatkan daya saing serta promosikan produk hasil kerajinan khas Banten untuk perluasan pangsa pasar di dalam dan luar negeri," kata Rano.

Gubernur melanjutkan, salah satu cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis di Banten adalah seni kriya atau seni kerajinan. Produk seni kerajinan di Banten telah berperan nyata dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas.

"Saat ini produk seni kriya di Banten seperti gerabah, logam/golok, kain tenun baduy, batu fosil, batu kalimaya dan souvenir telah banya dikenal di daerah. Kita menyadari upaya masih harus terus dioptimalkan,"ujarnya.

Menurutnya, pihak Pemprov bulan Maret lalu telah meresmikan gedung Dekranasda Banten seluas 1.035 M2 di Cipocok Jaya Kota Serang. “Itu artinya sarana gedung tersebut harus dapat digunakan sebagai kantor, sarana pelatihan, workshop dan showroom industri kerajinan, serta kegiatan yang konstruktif," harapnya.

Terkait dengan pelantikan TP PKK Provinsi Banten, Gubernur menekankan bahwa, Gerakan PKK sangat penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. "PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan kaum perempuan sebagai penggerak utamanya. Tujuannya adalah mewujudkan keluarga sejahtera. Yaitu keluarga yang menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara lahir dan batin," ucapnya.

"Saya mempunyai komitmen agar 10 program PKK dapat dilaksanakan secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan program-program di SKPD, bahkan melakukan kerjasama dengan dunia usaha," tambahnya.

Ketua TP PKK Pusat dan Ketua Harian Dekranas Erni Guntarti Tjahyo Kumolo mengatakan, dua jabatan yang diemban Dewi ini merupakan konsekuensi logis setelah dilantiknya Rano Karno sebagai Gubernur Banten. "Pemerintah daerah akan kuat dan efektif saat didukung oleh seluruh elemen masyarakat dan lembaga mitra salah satunya PKK," kata Erni.(teguh/ovinal)

 
Read 204 times Last modified on Thursday, 03 September 2015 10:16