Tuesday, 25 August 2015 20:07

Pemprov Diminta Kirim Nelayan Banten Ke Papua

Rate this item
(0 votes)

Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten diminta membantu mengirim nelayan Banten ke perairan Papua atau Irian Jaya.

Pasalnya, ikan di perairan papua sangat melimpah, tetapi jumlah nelayan masih sedikit. Sementara di Banten, nelayan banyak ikan sangat sedikit. "Saat ini nelayan di Banten kesulitan mendapatkan ikan, karena memang ikan di laut Banten sudah sangat sedikit," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Banten Sabrawijaya kepada wartawan, Selasa, (25/8/2015).

Menurutnya, peluang tangkapan ikan yang melimpah saat ini ada di Papua, namun untuk berangkat ke sana membutuhkan biaya yang tidak sedikit. "Perjalanan ke sana saja membutuhkan waktu paling cepat 27 hari, membutuhkan biaya yang banyak untuk bekal di perjalanan," katanya.

Ia mengaku, sudah ada pihak-pihak yang siap menampung hasil tangkap nelayan di sana yaitu Perikanan Indonesia (Perindo), bahkan untuk biaya hidup sehari-sehari bisa dibantu koperasi di sana. "Tinggal bagaimana memberangkatkan mereka ke sana. Sekarang meskipun ada perahu 30 GT, tapi karena potensinya sedikit, nelayan tetap merugi," ungkapnya. (Zedin)

Read 196 times Last modified on Saturday, 05 September 2015 05:27