Friday, 07 August 2015 00:27

Gita Surosowan Wakili Indonesia di Event Internasional

Rate this item
(0 votes)

Serang—Tim Marching Band ‎Gita Surosowan Banten (MBGSB) bertolak menuju  Amerika Serikat. Keberangkatan tim MBGSB ke negeri paman Sam untuk mengikuti turnamen marching band  tingkat dunia  (DCI)  tersebut dibagi dalam dua tim keberangkatan.

Serang—Tim Marching Band ‎Gita Surosowan Banten (MBGSB) bertolak menuju  Amerika Serikat. Keberangkatan tim MBGSB ke negeri paman Sam untuk mengikuti turnamen marching band  tingkat dunia  (DCI)  tersebut dibagi dalam dua tim keberangkatan.

“Ini kali pertama tim dari Indonesia bisa mengikuti turnamen marching band dalam kasta tertinggi dunia. Ini kebanggaan buat kami. Kami akan berjuang agar bisa mendapat hasil yang baik dan yang diharapkan,”ujar produser MBGBS, Haridoyo.

 Hari menjelaskan, sejak tahun 2012 silam, dari sejumlah turnamen dalam negeri MBGBS akhirnya bisa masuk peringkat pertama nasional, hingga akhirnya bisa mengikuti turnamen di Belanda dan berhasil menggondol emas, perak dan perunggu.

“Jadi jika ada yang mengatakan bahwa peringkat MBGSB di tingkat nasional di urutan ke 27. Itu salah. Itu data lama, data tahun 2011. Data tahun 2012-2013, MBGSB, masuk peringkat satu nasional. Jadi keikutsertaan MBGSB bukan karena  adanya intervensi  ke PDBI pusat. Kami mendapatkan tempat di turnamen DCI, karena pemerolehan poin di sejumlah turnamen dalam negeri dan luar negeri,”tutur Haridoyo.

Seraya menambahkan, ‎dalam turnamen World Music Contest (WMC) tahun 2013 lalu yang diselenggarakan di Kerkrade, Belanda, MBGSB meraih sejumlah medali. Yakni emas untuk kategori show world division, ‎medali perak untuk kategori Drum Corps Indonesia/DCI, dab medali perunggu untuk mars world division.‎

Selanjutnya tahun 2014 lalu, MBGSB juga meraih peringkat kedua dalam ajang Thailand Wolrd Music Championships (TWMC) 2014 dengan nilai 85,20. Perolehan nilai tersebut terpaut sedikit di bawah tuan rumah North Eastern Technologi College (NETC); dengan begitu MBGSB berhak atas tiket masuk dalam ajang DCI, Amerika Serikat.Dalam ajang TWMC, Indonesia juga mengirim sejumlah unit terbaiknya. Selain MBGSB, ada Jember Marching Band (Jawa Timur), Gita Pakuan (Jawa Barat) dan Korps Putri Tarakanita (Jakarta). Tapi, hanya MBGSB yang berhasil lolos ke ajang DCI tahun 2015.‎

“Bahkan jika ingin dibuka dan jujur, pada pra PON di Medan belum lama ini MBGSB seharusnya juara umum,”kata Haridoyo.

Jika dalam turnamen di Amerika Serikat Indonesia bisa masuk final atau 17 besar, “itu baru keren dan mecahin rekor. Karena biasanya yang masuk 17 besar selalu dipegang sama Amerika,” tambah pendiri MBGSB, Haridoyo lagi.(teguh/ovinal)

 
Read 310 times Last modified on Thursday, 03 September 2015 10:40