Saturday, 29 September 2018 08:24

Klaim Angka Kemiskinan Turun, DPR RI Terjun Ke Banten

Rate this item
(0 votes)
Potret kemiskinan di Banten Potret kemiskinan di Banten

Serang - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menunjukkan jumlah penduduk miskin terus menurun dari 9,22% tahun 2003 menjadi 5,24% pada maret 2018.

Untuk memastikan data tersebut anggota Panitia Kerja (Panja) Komisi VIII DPR RI turung langsung ke Banten, Kamis (27/9) untuk melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan.

Salah satu anggota Panja Ei Nurul Khotimah mengatakan Data kemiskinan yang akurat sangat berguna sebagai acuan bagi Pemerintah untuk melaksanakan kewajibannya memenuhi hak-hak dasar masyarakat miskin sebagai  penerima manfaat program pembangunan. Namun disayangkan, hingga kini data kemiskinan di Indonesia masih belum akurat, sebab masih ditemukan memasukan rumah tangga yang tidak miskin atau inclusion error.

"Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK) harus difasilitasi oleh pemerintah, sehingga data real Karena berpengaruh kepada data penerima bantuan, supaya tidak salah sasaran. Lalu standar kemiskinan mulai dirumuskan. Jangan dilihat dari rumahnya tapi lihat makan atau tidak," kata Ei yang juga salah satu wakil rakyat dari Banten II, Sabtu (29/9/2018).

Kemudian data kemiskinan yang telah diverifikasi dan divalidasi itu menjadi Basis Data Terpadu (BDT) dan menjadi acuan semua kementerian dan lembaga dalam merencanakan dan melaksanakan program pembangunan sosial

"Tindak lanjutnya Pemprov akan menyampaikan langsung ke komisi. Kita minta secepatnya. Data diserahkan ke panja komisi lalu kita akan bekerjasama dengan yang lain," katanya.(anwar/teguh)

Read 84 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.