Print this page
Tuesday, 31 July 2018 17:03

Ichsan Soelistio Bagikan 23 Unit Alat Sistem Pertanian Untuk Petani Serang

Rate this item
(0 votes)
Ichsan Soelistio membagikan alat pertanian untuk petani Kabupaten Serang Ichsan Soelistio membagikan alat pertanian untuk petani Kabupaten Serang

Serang - Anggota Komisi III DPR RI Ichsan Soelistio membagikan 23 unit alat sistem pertanian (alsintan) untuk petani Kabupaten Serang. Penyerahan alat berupa traktor itu, dibagikan langsung oleh Ichsan kepada 23 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang tersebar di 13 kecamatan dalam sebuah acara di Desa Warakas, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Selasa (31/7).

Dalam sambutannya, Ichsan mengatakan bantuan traktor itu diberikan untuk mendorong upaya modernisasi sektor pertanian di Kabupaten Serang. Ia juga menekankan agar traktor tersebut tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, tapi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Bapak ibu, bantuan traktor ini berasal dari program pemerintah. Tugas saya sebagai wakil masyarakat Kabupaten Serang, hanya memastikan program ini bisa ikut dirasakan oleh masyarakat. Makanya, bantuan ini juga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat yang lain," kata Ichsan.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap agar perwakilan gapoktan yang menerima bantuan traktor bisa memaksimalkan alat pertanian tersebut. Bahkan kata Ichsan, alat itu bila perlu dapat dirasakan manfaatnya oleh kelompok petani lain yang belum memiliki traktor untuk kebutuhan menggarap sawah.

"Kalau sudah selesai menggarap lahan, lebih baik disewakan ke gapoktan lain. Itu enggak apa-apa, daripada traktornya nganggur. Soalnya, bapak-bapak kan butuh ongkos juga buat operasinalnya. Tapi disesuaikan, jangan mahal-mahal," tuturnya.

Selain pemberian bantuan traktor,  keseriusan Ichsan untuk mendorong  modernisasi sektor pertanian di Kabupaten Serang juga ditunjukan dengan penyerahan bantuan 10 unit pompa air untuk gapoktan di Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Jumat (27/7) lalu. "Bantuan itu, intinya harus digunakan untuk kepentingan masyarakat. Jangan merasa dimiliki secara pribadi," ujarnya.

Mengenai tugasnya di lembaga legislatif, Ichsan memastikan anggota atau calon anggota dewan dari partainya harus responsif terhadap permasalahan di masyarakat. Jangan sampai kata dia, seorang legislator hanya turun ke masyarakat ketika memiliki kepentingan tertentu.

"Anggota dewan itu wakil masyarakat. Tugasnya bukan duduk dan datang hanya setahun sekali, itu juga cuma buat minta dukungan. Makanya, di sini sekarang saya sampaikan agar mereka selalu turun ke masyarakat," tuturnya. "Tapi ini bukan kampanye yah, ini agar masyarakat mengerti bahwa tugas kita memang harus seperti itu," tegas Bendahara DPD PDI Perjuangan Banten itu.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Warakas Ahmad Yamin mengapresiasi pemberian  bantuan alat pertanian tersebut. Apalagi menurutnya, masyarakat di wilayahnya akan terbantu karena mayoritas memiliki profesi sebagai petani.

"Alhamdulillah, wakil kita di pusat sekarang ikut memperhatikan kita. Saya harap anggota dewan yang terpilih nanti jangan lupa untuk terus turun ke masyarakat. Jangan cuma turun pas reses saja. Karena biasanya, keluhan masyarakat itu banyak yang disampaikan ke kades," pungkasnya.(anwar/teguh)

 

Read 268 times