Friday, 04 September 2015 21:49

Warga Baros Panik Akibat Alang-alang Terbakar

Rate this item
(0 votes)

Serang - Warga Kalapa Lima, Rt 01/02, Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang dibuat panik oleh kebakaran rumput alang-alang, Jum’at (4/9/2015). Karena kebakaran tersebut berada dekat dengan pemukiman warga.

Menurut informasi yang dihimpun, kebakaran ilalang tersebut terjadi pukul 13.00 Wib. Penyebanya akibat puntung roko yang sengaja dibuang ke aeral alang-alang yang kering oleh orang tidak dikenal. Dengan cara bergotong royong masyarakat berhasil memadamkan api. Dalam kejadian itu pepohonan milik warga habis terbakar.

“Ada sekitar dua jam api baru berhasil dipadamkam. Luas lahannya ada sekitar setengah hektar. Kami pada panik soalnya api sangat besar takut merembet ka rumah. Apalagi jaraknya hanya beberapa meter dengan rumah warga,” ujar Amran, ketua RT setempat.

Amran menuturkan, kejadiannya berawal ketika ada orang yang tidak dikenal lewat membuang puntung rokok ke lokasi kebakaran. Tak berselang lama api langsung membesar dan meluas. Warga yang melihat langsung berlarian memadamkan, dan sebagian menginformasikan melalui pengeras suara dimesjid.

Anggota Polsek Baros, Briptu Dadi Saputra mengatakan, selama musim kemarau baru pertama kali ini terjadi kebakaran alang-alang.”Baru ini ada kebakaran alang-alang, biasanya kebakaran rumah akibat konsleting listrik. Tapi api beruntung dipadamkan oleh warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, Imron Ruhyadi mengaku selama musim kemarau ini banyak  menangani kasus kebakaran alang-alang.

“Selama bulan Agustus ada 13 kasus kebakaran kita tangani, kasus kebakaran paling banyak adalah alang-alang. Penyebabnya ada yang mmemang sengaja untuk perluasan lahan ada juga yang tidak disengaja,” ujarnya. (sidik/ovinal)

Read 219 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.