Thursday, 27 August 2015 23:01

Polda Banten Lakukan Nota Kesepahaman Dengan BI

Rate this item
(0 votes)

Serang – Kepolisian Daerah Banten melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Bank Indonesia Banten terkait dengan pengawasan valas terutama tempat penukaran valas, peredaran uang palsu, pengamanan distribusi uang oleh BI, pembinaan kepada petugas jasa pengamanan.

“Isi nota kesepahamannya sama dengan yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Badroudin Haiti dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W Martowardojo, salah satunya memberikan jasa pengamanan distribusi uang tentunya membutuhkan pembekalan, sehingga proses distribusi bisa berjalan dengan baik,” kata Kapolda Banten Boy Rafli, kepada wartawan, Kamis (27/8/2015).

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Budiharto Setyawan mengatakan, pihaknya memiliki kewenangan melaksanakan pengelolaan uang rupiah, dalam rangka memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat, dalam kondisi yang layak edar.

Ia menyatakan, bahwa  Polri merupakan alat Negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dua institusi ini tentunya memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing. Pembinaan dan pengawasan terhadap badan usaha jasa peamanan (BUJP) yang melakukan kegiatan usaha kawal angkut uang, dan pengelolaan uang rupiah diperlukan dalam rangka perlidnungan masyarakat terkait peredaran uang rupiah,” kata Budi.

Dijelaskanya, dalam nota kesepahaman ini, BI dan Polri dapat melakukan tukar menukar data dan informasi yang dilakukan pada saat rapat maupun di luar rapat, dan bisa dilakukan melalui surat, faksimili, email dan telepon yang diikuti dengan penegasan secara tertulis.

“Jenis data dan informasi yang bisa dikoordinasikan antara lain, terkait dengan  BUJP, pembinaan dan pengawasan, kegiatan usaha kawal angkut uang dan pengelolaan uang rupiah dan mengoptimalkan pembinaan serta pengawasan,” jelasnya.(do/ovinal)

Read 84 times Last modified on Saturday, 05 September 2015 05:35

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.