Friday, 28 August 2015 18:23

Di Serang, Selama Kemarau 13 Kali Terjadi Kebakaran

Rate this item
(0 votes)

Serang - Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang merilis, selama musim kemarau atau selama Agustus 2015 ada sekitar 13 kejadian kebakaran. Sebagian besar didominasi kebakaran alang-alang.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Hulaely Asyikin mengatakan, selama ini pihaknya masih menangani kebakaran di wilayah Kabupaten dan Kota Serang. Hal itu dikarenakan keberadaan BPBD Kabupaten Serang berada di Kota Serang. ”Sebulan ini ada sekitar 13 kejadian di Kabupaten dan Kota Serang,” kata Hulaeli, Jumat (28/8).

Menurutnya, kebakaran tersebut bermacam-macam seperti limbah pabrik, alang-alang dan rumah penduduk. Namun pada musim kemarau ini sebagian banyak adalah kebakaran alang-alang akibat efek kekeringan. ”Kebanyakan kejadiannya di Serang timur, tapi kemarin (27/8) juga ada di Kecamatan mancak,” ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat tidak membakar hutan atau alang-alang sembarangan hanya karena ingin menghemat biaya untuk mengolah tanah. Sebab dengan sulitnya pasokan air tentuya dapat menimbulkan kebakaran besar. ”kami ingatkan jangan sampai ada yang membakar alang-alang, soalnya dengan kondisi kering kan api bisa cepat meluas,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, Imron Ruhyadi menambahkan, Kamis (27/8/2015) kemarin, sekitar pukul 12.00 Wib telah terjadi kebakaran limbah industry di Desa Kaserangan, kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

”Kita kerahkan empat unit mobil damkar, satu unit ambulan dan satu unit mobil damkar dari Kota Serang. Karena memang dekat pemukiman, tetapi  api berhasil kita padamkan dan aman,” ujarnya.(sidik/teguh)

Read 189 times Last modified on Saturday, 05 September 2015 05:37

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.