Sunday, 30 August 2015 17:37

Pembangunan Kawasan Ekowisata Situ Terate Baru 40%

Rate this item
(0 votes)

Serang- Pengembangan Situ Terate sebagai kawasan ekowisata untuk menjawab kebutuhan wisata yang padat dengan industri di Serang Timur tepatnya yang berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang masih belum optimal. Karena, Situ Terate yang dibangun sejak 2013 itu hingga baru mencapai 40 persen.

“Situ Terate ini dibangun sejak 2013, sekarang baru empat puluh persen. Fasilitas bermain belum banyak, penataan kepulauan belum, kolam pemancingan, DED limbah, dan kita belum membuat tempat pembuangan limbah rumah tangga,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga,” Minggu (30/8/2015).

Ia menuturkan, pengembangan ekowisata ini diharapakan dapat maju seperti wisata kuliner di Cibubur. Sebab jenis wisata yang dikembangkan hampir sama yakni semacam penampungan air.

”Kami berharap lokasi wisata yang dekat dengan kawasan industri ini dapat berdampak positif untuk masyarakat, PAD bisa dilaksanakan, masyarakat bias diberdayakan sehingga dapat meningkatan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Terlebih, lanjutnya, ketika pembangunan interchange sudah selesai tentunya akan dapat mudah diakses oleh warga Tangerang.”Pengunjung sekarang juga sudah ada. Tapi sekarang kita sedang menata tarif retribusi masuknya untuk pemungutan retribusi objek wisata,” tuturnya.

Diungkapkanya, bahwa anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan sarana dan prasaran Situ Terate ini dari Pemerintah pusat dengan besar anggaran senilai Rp600 juta dan dari APBD senilai Rp300 juta.

”Tadinya kan Situ Terate ini ada sekitar 15 hektar ditimbun oleh eceng gondok, tapi kita upayakan untuk dibersihkan sehingga terlihat indah,” katanya.

Sementara itu, salah sorang warga saat ditemui disekitar lokasi Situ Terate, Rina mengaku sangat terhibur dengan adanya kawasan wisata air.” Seneng ada tempat main, kalau lagi libur kerja kan bisa berkunjung apalagi buat menghilangkan jenuh di kontrakan,” ujarnya.(sidik/ovinal)‬

Read 135 times Last modified on Saturday, 05 September 2015 05:37

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.